Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Danau yang Menyimpan Potensi Wisata Dunia Ditemukan di Parigi Moutong
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Dilingkupi Karakteristik Ekologi Sosial dan Ekonomi Layak Pengembangan. 

Foto bersama Wakil Bupati Parigi Moutong
Badrun Nggai dan tim seminar akhir kajian
tentang Danau Sau Bolano Barat.
Foto Humas Setda Parimo

Parigi Moutong, Sultengaktual.com- Danau Sau, yang secara adminstrasi masuk wilayah Desa Bolano Barat, Kecamatan Bolano, baru-baru ini diseminarkan. Pemaparan Danau Sau berdasarkan kajian dan penelitian yang sudah lebih dulu dilakukan. 

Gerakan gali potensi dari danau yang terletak di wilayah utara Kabupaten Parigi Moutong,  Sulawesi Tengah,  melibatkan ahli dari Universitas Tadulako. 

Pasca diteliti dan dikaji, Danau tersebut, katanya, menyimpan kelebihan yang bisa menembus level pariwisata dunia. 

Keyakinan terhadap potensi danau itu dikemukakan salah seorang tim Akademisi Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako. 

Samliok Ndobe nama pria bergelar doctor (S3) Ilmu Perikanan dan Kelautan ini. Lewat seminar yang diselenggarakan di ruang rapat Wakil Bupati Parigi Moutong pada Rabu, 4 Desember 2019, Samliok mengatakan kalau hasil dari kajian dan penilitian, Danau Sau dilingkupi karakteristik ekologi sosial dan ekonomi yang layak dikembangkan menjadi kawasan pariwisata. 
"Lokasinya memiliki keindahan bentang alam, keanekaragaman hayati, keunikan ekosistem potensi perikanan serta kearifan lokal masyarakat Bolano," katanya.

Pengelolaan danau itu, menurut Samliok, harus dilaksanakan secara terpadu dan melibatkan berbagai elemen, terkoordinasi dan berkelanjutan. "Tujuan seminar ini untuk mengkaji kondisi biofisik dan potensi sumberdaya perikanan, tersediannya data biodivetditas, gambaran potensi dan pemanfaatan sumber daya perikanan danau tersebut. Hasilnya kemudian menunggu untuk dikembangkan," ujar Samliok dalam seminar yang dihadiri Wakil Bupati Parigi Moutong ini.

Dijelaskan Samliok lagi, observasi danau telah dilakukan sejak bulan Agustus hingga Oktober 2019. Sistem yang dipakai adalah analisis laboratorium Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan dan Budi Daya Perairan, dibawah Fakultas Peternakan dan perikanan Universitas Tadulako.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai lewat sambutannya berujar kalau potensi sumber daya alam dan keindahan alam yang dimiliki Danau Sau, bisa jadi kedepan nanti jadi salah satu icon Parigi Moutong.
Menurutnya, untuk mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang dimiliki Danau Sau, perlu peningkatan infrastruktur jalan. Akses menuju lokasi Danau Sau.

"Pembangunan infrastruktur harus diperhatikan, utamanya peningkatan jalan menuju Danau Sau," ucap Badrun saat membuka Seminar Akhir Kajian Biodiversitas dan Potensi Sumber Daya Ikan Danau Sau.

Demi pengembangan dan kelanjutan dari seminar itu, Badrun berharap adanya upaya dan proses selanjutnya. Kata ia, jangan nanti hasil penelitian hingga kajian tentang Danau Sau hanya sebatas seremoni. "Kenalkan potensi yang ada di Danau Sau pada dunia," imbau Badrun. 

Seminar akhir kajian biodiversitas dan potensi sumber daya ikan di Danau Sau digagas Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Parigi Moutong, bekerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako. 

Naskah: Humas Setda Parigi Moutong. 
Editor: Andi Sadam/Sultengaktual.com

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama