Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Galian C picu Perberat Peningkatan ISPA
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Perusahan Tambang gailan C yang terletak di beberapa wilayah Kota Palu, mulai dari Kelurahan Tipo hinngga Buluri dan sekitarnya, mejadi salah satu faktor pemicu memperberat piningkatan jumlah penderita penyakit Infeksi sluran pernafasan (Ispa).


Bagai mana tidak, aktivitas pertambangan yang menghasilkan produk debu tentu menggangu kenyamanan masyarakat sekitar area pertambangan.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Royke Abraham menyataklan, hasil olahan material bebatuan yang dilakukan pihak perusahaan, baiknya dilakukan secara profesional. Sehingga, debu material tersebut tidak beterbangan kemana mana.
Dirinya mengaku, pihaknya juga telah menyampaikan hal itu kepada pihak perusahaan galian C, agar mematuhi dan mengindahkan himbauan tersebut.
“Kami juga melihat fenomena itu, termasuk memberikan masukan kepada pihak perusahaan galian C,”  beber Royke, baru-baru ini.
Menurutnya, Dinkes bukan hanya memantau persoalan debu hasil galian, namun pihaknya juga melakukan pemantauan pencemaran limbah perushaan.
Banyaknya debu beterbangan di Kota Palu papar dia, karena faktor geografis. Palu, merupakan daerah yang suhu cuacanya cukup panas, sehingga di waktu-waktu tertentu debu banyak beterbangan yang bisa memicu menimbulkan penyakit ispa.
Dari data dimiliki pihaknya, penderita Ispa yang terjadi di Kecamatan Ulujadi pada 2016 lalu  mencapai 217,4 persen. Presentase ini menurun dibanding 2015 lalu. Pada tahun 2015 penderita ispa di kecamata itu sebesar 300,0 persen.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama