Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Sulteng Kembangkan 3 Potensi Wisata Prioritas
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Saat ini pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tengah gencar melakukan pengembangan destinasi wisata. Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulteng Nomor: 35 Tahun 2016 tentang destinasi wisata priorotas, ada tiga objek wisata ungulan di Sulteng.


Penetapan objek wisata tersebut, terdiri dari wisata cagar budaya megalitikum di Lembah Besoa dan Megalitikum di Lembah Bada, Kabupaten Poso, kedua adalah Danau Lindu dan wisata paralayang di Matantimali Kabupaten Sigi, dan ketiga wisata bahari di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, serta Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).
Untuk mendukung objek-objek wisata tersebut, maka pemerintah Provinsi pada tahun ini akan membangun dan jalan serta pembenahan infrastruktur penunjang pariwisata, serta promosi. 
“Pembenahan dan promosi terhadap objek-objek wisata di Sulawesi Tengah sesuai dengan arahan kebijakan Kementerian Pariwisata serta menjadi prioritas daerah,” terang Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Sulteng, Norma Marjanu, senin (2/1).
Meski begitu, Norma mengaku, untuk pembenahan infrastruktur baik melalui akses darat dan udara semata-mata bukan hanya tanggung jawab Pemprov Sulteng semata. 
“Pembangunan infastruktur, seperti jalan, jembatan, puskesmas, jamban dan sebagainya merupakan tanggung jawab kabupaten dan kota yang objek wisata unggulan berada didaerah kabupaten,” jelasnya.
Menurutnya pembangunan infrastruktur objek wisata tersebut menelan anggaran cukup besar. Sehingga, tiga objek wisata unggulan tersebut sebagiannya ditanggulangi oleh Kabupaten masing-masing.
“Untuk membangun infrastruktur penunjang cukup besar angaranya, jika semuanya dibebankan kepada APBD Provinsi, maka semuanya tidak bisa terakomodir. Olehnya, hal ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten,” pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama