Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Total Gaji Pendamping Desa 1 Miliar
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu - Total gaji pendamping Desa yang harus dibayar pemerintah provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2016 sebesar Rp 1 miliar perbulan. Pembayaran gaji pendamping Desa itu, bersumber dari dana dekon yang masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Pemprov Sulteng. 


Dimana, saat ini ada sekitar 680 pendamping Desa yang tersebar disemua Desa di dua belas Kabupaten, yang  gajinya harus dibayar sebesar Rp 3 juta per orang per bulan untuk pendaping Desa tingkat Kecamatan, sementara tingkat Kabupaten senilai Rp 9 juta per orang per bulan. 
“Setiap bulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah harus mengelaurkan biaya sebesar Rp 1 miliar untuk pembayaran gaji pendamping Desa. Dana itu diambil dari dana dekonsentrasi yang masuk ke APBD Peemerintah Provinsi,” jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sulteng,  Maya Malania Noor, Kamis (29/12).
Lanjut Maya mengatakan, untuk tenaga pendamping ditingkat Desa di dua belas kabupaten itu sebesar Rp 1,9 juta per orang per bulannya. Pembayaran gaji pendamping Desa beber dia, sesuai tingkatan berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.
“Pembayaran gaji pendamping Desa ini berfariasi sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis yang ditetapkan pemerintah pusat,” ujarnya.
Dipaparkannya, hingga kini pembayaran gaji para pendamping Desa tidak ada yang menunggak. Artinya, semuanya tersalur secara merata. Sebab, penyalurannya pun dilakukan secara serentak. 
Meski begitu akui dia, untuk Desember 2016 ini, pembayaran gaji pendamping Desa tingkat Kabupaten, kecamatan hingga tingkat Desa masih dalam tahap proses. Jika prosedur dan syarat sudah terpenuhi urai Maya,  maka pembayaran gaji para pendamping tersebut dibayarkan sekitar tanggal 5 Januari 2017 mendatang.
“Sekarang masih dalam proses, kalau prosedur dan syaratnya sudah terpenuhi maka dipastikan pembayaran gaji pendamping Desa dilakukan tanggal 5 Januari mendatang,” pungkasnya.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama