Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Menggenjot Infrastruktur Jalan, Jembatan Dan Irigasi
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Parigi Moutong  Provinsi sulawesi Tengah  Memacu peningkatan infrastruktur pembangunan Jalan Dan Jembatan sesuai ruas ruas penanganan Jalan Daerah setempat. Peningkatan Infrastruktur ini di bebankan pada dua pos anggaran Yakni ketersediaan DAU (Dana Alokasi Umum) dan DAK (Dana Alokasi Khusus).
Zulfinasran
Pembebanan pada anggaran DAK itu didapatkan Atas alokasi pemerintah pusat ke daerah yang tujuan semata menjalankan program pembangunan nasional dalam peningkatan infrastruktur didaerah dengan leading Sektor kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia ( Kementerian PU PERA).
Infrastruktur dimaksud ini mulai dari melakukan rehabilitasi, peningkatan serta pembangunan yang nomenklatur pekerjaannya saling berbeda. Sebut saja beberapa pekerjaan yang di genjot itu antara lain Rehabilitasi Jalan Torue – Astina,  Peningkatan Jalan Tanalanto – Tokasa, Peningkatan Jalan Nambaru – Pemukiman Trans, Rehabilitasi Jalan SP Dolago – Padang Sari, peningkatan jalan Tindaki – Nambaru, Peningkatan jalan kasimbar – Ogoteng, rehabilitasi jalan Pelawa – Jononunu, peningkatan jalan sigenti, peningkatan jalan Malino, pembangunan jembatan korontua, pembangunan super struktur jembatan pombalowo serta pembangunan jembatan Lombok dan jembatan malalang.

Selain itu, beberapa jalan lainnya seperti peningkatan akses jalan lingkar parigi ( Ruas Masigi – boyantongo) peningkatan jalan palasa – Tangki,  Peningkatan Jalan sidole – Tanampedagi, peningkatan Jalan wanamukti – Palapi serta peningkatan jalan Kampal – Baliara.
Jalan jalan yang dikerjakan serta direncanakan diawalnya itu merupakan pekerjaan dengan menggunakan DAK. Karena DAK sendiri diturunkan kedaerah memiliki kriteria kriteria sebelum diturunkan, yakni melihat jalur jalur penghubung atas ditingkatkannya jalan jalan yang sudah tersedia ataupun akses jalan yang akan dibuka, intinya, kriteria DAK salah satunya adalah menghubungkan akses jalan yang ada dengan akses jalan nasional ataupun jalan Provinsi.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran, S.STP dalam kesempatannya mengatakan bahwa benar kalo DAK memiliki kriteria dalam menangani serta melakukan action dilapangan. Awalnya apa yang kita rencanakan bisa saja berubah, karena pedoman atas DAK itu harus jelas secara transparan faktanya dilapangan. Kriteia itu sangatlah menguntungkan kepada wilayah kami, karena masih banyak ruas ruas yang perlu ditangani oleh kami selaku SKPD setempat, karena ruas yang kami miliki belum semuanya maksimal, tetapi memiliki kriteria atas penggunaan DAK, kedepan kami akan lebih ,menggenjot ruas ruas yang memiliki potensi tersentuh sesuai dengan kriteria itu, yakni menghubungkan akses yang ada ke jalan jalan provinsi ataupun jalan jalan Nasional.

Zulfinasran juga menambahkan untuk tahun ini sekitar 50 an paket peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan serta 24 daerah Irigasi yang dikerjakan di kabupaten Parigi  moutong murni dicover Anggaran DAK.
Jika tidak ada hambatan semuanya akan selesai dikerjakan sesuai dengan waktu batasan kontrak dari masing masing pekerjaan itu, sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang terlambat nantinya. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama