Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Terapkan Diksus Bagi Siswa Berkemampuan Terbatas
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki kemampuan dalam menyerap pelajaran di sekolah.

Hal inilah yang menjadi fokus perhatian utama yang saat ini tengah dilaksanakan pihak SMAN 8 Palu. Sekolah yang berada di wilayah Tipo Palu Barat ini berupaya memberikan perhatian khusus bagi siswa yang hampir sebagian besar siswanya berasal dari wilayah sekitar seperti dari wilayah Watusampu, Buluri, Lekatu, Salena, Wana, Kalora dan Kabonena.

Salah satu upaya adalah seperti memberikan tambahan belajar bagi siswa yang masuk dalam kategori ingklusi yang memiliki kemampuan rendah dalam menerima pelajaran.  Pemberian materi yang menarik dan teknik guru sangat dibutuhkan sehingga secara berlahan tapi pasti siswa yang masuk dalam kategori inklusi bisa menyerap pelajaran dengan baik dan juga berpengaruh kepada nilai siswa itu sendiri.

Gambaran ini disampaikan langsung kepala SMAN 8 Palu, Drs H Salim MSi bahwa keberadaan sekolah berbasis inklusi merupakan sekolah reguler yang menyatukan antara anak-anak dengan dan tanpa berkebutuhan khusus untuk mengikuti proses belajar mengajar bersama-sama.

Pendidikan bukanlah sebuah rutinitas ujian demi ujian tanpa memandang perbedaan kemampuan setiap individu. Inti dari sebuah pendidikan adalah memanusiakan manusia. Demikian pula ketika siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menyerap pelajaran  dihadapkan dengan ujian sebagai hasil evaluasi.

Substansi dari pendidikan adalah untuk menjadikan manusia yang seutuhnya, sehingga standart yang ditetapkan adalah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak dan bentuk pelaporannya lebih banyak bersifat deskriptif, narasi, maupun portofolio tidak hanya tes tertulis. 

Demikian pula ketika menyangkut ujian kelulusan, dalam hal ini Ujian Nasional, mereka perlu adanya dispensasi dengan memiliki standart khusus.(yusuf)

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama