Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » PLP-BK Kawatuna Tembus 2 Miliard
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Abd L Rahman
PALU - Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK), yang di sasarkan di Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore tembus hingga Rp 2 miliar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 Satuan kerja (Satker) program itu berkedudukan di Dinas PU Cipta karya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, yang masing masing di peruntukan PLP-BK reguler senilai Rp 1 Miliar dan PLP-BK lanjutan juga senilai Rp 1 miliar, sehingga total keseluruhan anggaran Rp 2 miliar.

Pada dasarnya, program tersebut merupakan kelanjutan dari transformasi sosial Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Beberapa prinsip dasar yang digunakan di P2KP seperti demokrasi, partisipasi, transparansi, akuntabilitas dan desentralisasi, juga menjadi prinsip dasar PLPBK.

Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kawatuna ABD L Rahman mengemukakan, program tersebut mulai mucul pada tahun 2012, dan secara keseluruhan bergulir di tahun 2013 hingga saat ini. Di mana, dari hasi program tersebut saat ini pengerjaannya telah mencapai 100 persen dari seluruh tahapan tahapan siklus PLP-BK.

Kemudian papar dia, kegiatan berkelanjutan sebagai mana cita cita dari program ini juga telah di mulai secara bertahap. Di awali dari penggalian aspirasi masyarakat sampai dengan kemitraan bersama Pemerintah daerah (Pemda) terkait. Kemudian, pengawalan secara teknis maupun nonteknis bantuan secara kemitraan dengan ikut berperan serta membangun kegiatan fisik.

"Selain itu, ada juga program yang di ambil untuk penguatan kelembagaan dan peningkatan sumber daya masyarakat, telah bersinergi secara sistematik dalam program PLP-BK Keluraha Kawatuna yang manfaatnya telah di rasakan oleh warga secara langsung," jelas Rahman, Senin (5/9).

Dia menguraikan, ada pun kegiatan yang telah terbangun pada program PLP-BK reguler ini mulai tahun 2012 sebanyak 11 iteng diantarannya yakni, pengerjaan paving blok dengan volume sepanjang 290 meter, kemudian pengerjaan drainase sepanjang 272 meter, pengerjaan plat ducker sebanyak 2 unit, rehab bantaya atau rumah adat satu unit, selanjutnya pengerjaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) 1 unit, pintu gerbang s1 unit, jamban keluarga 21 unit, Septic tank 17 unit, kemudian pagar dan media tanam sepanjang 500 meter, Bedah Rumah warga miskin 2 unit, dan taman baca.

"Dari 11 item kegiatan ini, rogram PLP-BK reguler telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 1 miliar, terdiri dsri Rp 850 juta untuk pekerjaan fisik dan Rp 150 juta untuk sosialisasi program, termasuk honor tenaga ahli yang terangkum di dalamnya," kata Rahman.

Sementara, program PLP-KB lanjutan pada tahun 2015 lalu terdiri dari, pembuatan jalan paving blok sepanjang 228 meter, kemudian pembuatan jalan rabat beton  sepanjang 64 meter, pembuatan saluran drainase 821 meter, selanjutnya pembuatan dinding taman baca satu unit, plat ducker 5 unit, pengerjaan jalan lapisan penetrasi (Lapen) dan sensit sepanjang 100 meter, talud  50 meter, pagar dan media tanam sepanjang 665 meter, dan RTH satu unit.

"Dari sembilan item kegiatan PLP-BK lanjutan menghabiskan anggaran sebesar Rp 980 juta. Dimana sisanya Rp 10 juta untuk biaya operasional dan Rp 10 jutanya lagi untuk honor tenaga ahli pendamping," rincinya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, adapun rencana kegiatan yang belum sempat ter realisasi pada program PLP-BK tahun lalu di antaranya, rehab rumah warga miskin sebanyak 80 unit, jamban keluaga 70 unit, pengadaan air beraih 20 unit, kemudian pembuatan Saluran pembuangan limbah (Spal) 200 meter dan rabat beton sepanjang 150 meter.

"Olehnya, dengan tersisanya sejumlah program kegiatan yang belum terealisasi ini, masi merupakan tanggung jawab kita bersama untuk merealisasikannya dengan anggaran anggaran berikutnya, semisal kalau ada," pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama