Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » PEMKOT TARGET LAHAN UPSUS PAJALA 650 HEKTAR
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Muchlis A Umar
PALU - Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian Kehutanan dan Kelautan  (Distanhutkel) Kota Palu, tahun 2016 ini menargetkan lahan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi dan Jagung (PSUS PAJALA) kurang lebih 650 hektar yang tersebar di 46 Kelurahan.

Kepala Distanhutkel Kota Palu Muchlis A Umar mengemukakan, 650 hektar lahan PAJALA yang di targetkan itu khusus untuk pertanian padi sawah, sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan pangan di Kota Palu.

Di paparkannya, dari kontribusi luas tanam sebesar 650 hektar yang ada, Kota Palu memiliki luas panen sebesar 681 hektar. Angka ini menunjukan, adana kenaikan secara signifikan ksususnya di bidang tanama dan hirtikultura padi sawah.

"Iya, tahun ini ada kenaikan luas panen cukup baik, dari luas lahan tanam sebesar 650 hektar khusus padi," terang Muchlis," Rabu (7/9).

Di samping itu, untuk produktivitas pangan khusus tanaman padi, Kota Palu telah mencapai angka 53,15 kuintal per hektar. Sementara, produksinya sendiri mencapai 3.284 ton.

Khusus Kelurahan Petobo yang merupakan salah satu pelaksana UPSUS padi kata Muchlis, sampai saat ini realisasi dari tahun kedua hampir  mencapai 100 persen. Dengan luas sawah kurang lebih 75 hektar yang di kelolah oleh tiga kelompok tani di wilayah itu.

Selain itu di katakannya pulan, Kelurahan Petobo juga merupakan salah satu wilayah terbesar yang memberikan kontribusi realisasi UPSUS PAJALA, dalam rangka pemenuhan ketersediaan pangan di Kota Palu.

"Jadi, Petobo salah satu Kelurahan yang memberikan kontribusi realisasi atau luas tanam UPSUS PAJALA di Kota Palu," ujarnya.

Gerakan ini lanjut dia, sesungguhnya merangsang petani atau kelompok tani tanaman pangan agar terus meningkatkan produksi PAJALA khususnya padi, sehingga bisa mencapai target yang telah di rencanakan tahun ini.

"Kita terus upayakan, untuk terus mendorong para kelompok tani ini agar lebih meningkatkan produksi tanaman padi, agar bisa mencapai hasil yang telah di target kan," pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama