Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » DPPKAD DIPECAH MENJADI BADAN
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU- Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang kelembagaan daerah, maka Pemerintah melakukan Perombakan struktur organisasi pemerintahan, tidak terkecuali dengan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Rencanaya, perubahan nomenklatur dinas tersebut akan di pecah dua menjadi badan. Dimana, Pengelolaan Keuangan dan Aset akan berdiri sendiri, begitu pula Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah.

"Iya, Dinas tersebut nantinya akan dipecah menjadi dua badan, yaitu badan pengelolah keuangan dan aset (BPKA) serta badan pengelolah pajak dan retribusi daerah (BPPRD).  BPKA dalam tugasnya nanti menjalankan tugas dan fungsi berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Sedangkan BPPRD berkaitan dengan tugas-tugas pendapatan daerah," terang Kepala bagian organisasi dan tata laksana (Ortal) Setda Kota Palu Wajib, Jum'at (9/9).

Dikemukakannya, sejauh ini Pemkot dan DPRD sedang membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang perubahan nomenklatur tersebut. Selain itu papar dia, saat ini juga pihaknya sedang menyusun bagaimana struktur serta pemetaan kedua badan tersebut.

Termasuk pemetaan mengenai kebutuhan berdasarkan analisis jabatan yang akan menempati dua badan tersebut. Yang jelas tambah dia, untuk jabatan kepala badan, itu menurutnya tetap pada jenjang Eselon IIb.

"Mengenai bidang, kedua badan tersebut, saat ini kami masih melakukan langkah langkah khusus. Saat ini belum ada berapa jumlah bidangnya," urai Wajib.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, pemecahan satu dinas didasarkan pada perhitungan skor. Penentuan skor ditetapkan berdasar beban kerja dan beban jabatan. Jika skornya mencapai 900 keatas, maka suatu  dinas dapat dipecah menjadi dua badan.

Dalam format perangkat ditingkat daerah tambah dia, badan nantinya akan menjadi sub penunjang pemerintah daerah.

"Tugas badan akan menjadi penunjang pemerintah daerah, sehingga kedua badan itu akan ada di posisi itu," pungkanya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama