Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Bayar PBB Bisa Via Kantor Pos
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Palu memberikan kemudahan bagi warga Kota Palu untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kemudahan itu bisa dibayar langsung melalui via unit cabang kantor pos terdekat di wilayah tersebut.

Dimana sebelumnya, Pembayaran PBB hanya dapat dilakukan lewat Bank BRI maupun Bank BNI dan kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Palu.

Untuk memperkuat legitimasi itu, Pemkot Palu dan PT. Pos Indonesia Persero menjalin kerjasama yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama atau Memorandum of understanding (MoU) dan sekaligus penandatanganan Prisma.

Pemkot yang diwakili Plt Sekretaris Kota Dharma Gunawan Mochtar bersama Kepala regional 10 Sulawesi dan Maluku  PT. Pos Indonesia Persero Arifin Muchlis di Kantor Pos Kota Palu Jalan Moh Yamin, Rabu (28/9) langsung melakukan teken MoU, sekaligus melaunching program tersebut.

Dikesempatan itu, Sekot Dharma Gunawan juga langsung melakukan simulai layanan pembayaran PBB dikantor Pos. Yang mana, simulasi itu cukup dalam waktu lima menit selesai, dan jumlah pajak langsung dapat terlihat dimonitor komputer pelayanan sehingga yang bersangkutan bisa melihat langsung berapa besaran pajak yang akan dibayar.

Ditemui usai melakukan lauching, Dharma Gunawan menyatakan senang atas kerja sama itu. Sebab, kinerja kantor pos menurutnya, tidak diragukan lagi keakuratanya dalam sisi pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga, akses melakukan pembayaran PBB lebih mudah,cepat dan tepat waktu.

"Kerjasama ini dilakukan demi mempermudah akses pembayaran pajak, sehingga tidak ada lagi keluhan karena mengantri pembayaran PBB tertunda," kata Dharma Gunawan.

Bahkan Pemkot Palu berharap, kedepan kerja sama yang dibangun dengan PT Pos Indonesia tidak hanya berhenti pada pembayaran PBB, tetapi pembayaran pajak lainnya seperti pajak restoran, hiburan, dan pajak daerah lainnya bisa melalui via Pos.

"Insya Allah dengan diberlakukannya penerimaan pembayaran PBB dari Pemkot Palu kepada Kantor Pos Palu, dapat meningkatkan PAD, namun demikian  hal ini dapat kita capai apabila antara masyarakat, pelaku usaha dan jajaran Pemkot Palu dapat bersinergi khususnya kepada camat dan lurah agar lebih optimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membayar pajak, sebab target PPBB di tahun 2016 sebesar Rp.13.200 Milyar dan sampai saat ini telah terealisasi sebanyak Rp.11.800 Milyar," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Pos Palu, Arif Yudha Wahyudi mengemukakan, mulai 1 Oktober 2016 pelayanan pembayaran PBB mulai diberlakukan. Bahkan, pelayanan PBB itu juga dapat dibayar langsung melalui kendaraan mobil pos keliling di wilayah Kota Palu.

"Masyarakat dapat membayar PBB melalui outlet kantor Pos diseluruh wilayah Kota Palu, bahkan masyarakat juga bisa mengakses pelayanan lewat mobil Pos keliking," ,kata Arif.

Disebutkanya, jasa pembayaran PBB menjadi salah satu perubahan nambahan produk layanan kantor Pos. Dimana sebelumnya, pihaknya telah menerima pelayanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, maupun pembayaran kredit.

"Cara pembayaran PBB dikantor Pos sangat mudah, tinggal datang ke kantor pos yang terdekat, lalu menunjukkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB P2 atau menyebutkan Nomor Objek Pajak (NOP) 18 digit. Kemudian setorkan pembayaran sesuai denga kewajiban yang harus dibayar," paparnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama