Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » Pemkot Peringati Hari Otonomi Daerah ke 20
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Asisten 1 Pemkot Palu, Drs Arfan MSi saat memimpin upacara hari otonomi daerah ke 20 di halaman kantor walikota Palu. Foto : Yusuf

Palu - Memaknai hari Otonomi Daerah yang ke-20 tahun yang jatuh pada 25 April 2016, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan birokrasi Pemkot Palu diminta untuk “bersih-bersih” lingkungan kerja. Pembersihan lingkungan, tidak hanya dari tata kelola dan ruangan kantor, tetapi juga penertiban kinerja serta disiplin pegawai.
“Saya ingin hari Otonomi Daerah tidak sekedar diperingati, tapi benar-benar diterapkan melalui perbaikan, apakah itu kebersihan dan situasi kantor, juga aturan dan disiplin pegawai. Kita harus menguatkan semua fungsi, baik itu kinerja maupun sistim pelayanan ke masyarakat,” ujar asisten 1 Pemkot, Drs Arfan MSi saat memimpin upacara hari otonomi daerah ke 20 di halaman kantor walikota Palu.
Disebutkannya bahwa lahirnya Otonomi Daerah di Indonesia merupakan sebuah wujud kesadaran pemerintah pusat terhadap kemerdekaan masing-masing daerah. Oleh sebab itu, daerah harus bisa memanfaatkan peluang tersebut, guna menentukan arah pembangunan sesuai kebutuhan masyarakatnya.
Melalui momen ini pula, lanjut Arfan, daerah sebenarnya diberi tugas dan kewenangan penuh untuk melakukan penguatan diri, baik dalam segi kebijakan maupun dalam segi fungsinya. Untuk itu, ia meminta seluruh perangkat kerja SKPD, mulai membuat terobosan dan inovasi terhadap program-program kebijakan.
Dalam kesempatan tersebut, dikatakannya bahwa otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan, yakni; demokrasi dan kesejahteraan. Tujuan demokrasi memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani (civil society), sedangkan untuk kesejahteraan mengisyarakatkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis. yusuf

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama