Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » LPS-HAM dan Walhi Menilai ESDM tidak Terbuka Soal Data
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

LPS – HAM DAN WALHI Saat melakukan silaturahmi dengan Kadis ESDM SUlteng. Foto : Ata
Palu - Lembaga Pengembangan Studi Hukum dan Advokasi Hak Asasi Manusia (LPS-HAM) Sulteng dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai bahwa Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulteng merupakan salah satu SKPD di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng yang tidak terbuka soal data pertambangan.
Direktur Walhi Sulteng, Haris Bira saat silaturahmi dengan KepalaDinas ESDM Sulteng Senin (18/4/2014) mengatakan, beberapa pihak termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang selama ini konsen soal tambang sulit mendapatkan data atau informasi soal pertambangan yang ada di Sulteng.
Menurutnya, ada dua lembaga pemerintah yang tidak terbuka dalam mendapatkan informasi data yaitu badan Pertanahan dan ESDM, padahal di lembaga lain sangat terbuka ketika ada pihak yang ingin memperoleh data.
Haris menjelaskan bahwa angka pendapatan dari sektor pertambangan di Sulteng cukup memprihatinkan atau sangat kecil, sementara jumlah wilayah pertambangan sangat besar.
Bahkan dari hasil laporan jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Sulteng menyebutkan bahwa Gubernur Sulteng H Longki Djanggola lebih banyak tidak mengetahui soal data pertambangan di Sulteng.
Menanggapi Hal itu, Kadis ESDM Sulteng Bambang Sunaryo membantah jika pihaknya tertutup masalah data pertambangan di Sulteng.
Menurut Bambang, saat ini ESDM Sulteng masih dalam masa transisi pasca penyerahan pengelolaan izin pertambanagan dari pemerintah kota dan kabupaten ke provinsi.
Saat ini ESDM SUlteng kata Bambang, masih menginfentarisir dokumen izin pertambangan yang diserahkan pemerintah Kota dan kabupaten pada 12 April 2016 yang lalu, dimanan izin -izin pertambangan saat penyerahan masih dalam bentuk list saja. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama