Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Pemadaman Listrik, Bisnis Ayam Potong Merugi
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


f. ist

Palu - Pemadaman listrik yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kota Palu menyebabkan bisnis ayam potonh merugi.
Johan warga Perumahan Puskud Palu Selatan misalnya yang merupakan salah satu pembisnis ayam potong mengaku mengalami kerugian akibat pemadaman liatrik.
Kerugian yang dialami karena produksi ayam potong yang akan dijual mengalami Pengurangan dan keterlambatan. Sebab untuk memproduksi mulai dari pemotongan dan pembersihan menggunakan mesin yang membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar.
Johan menjelaskan bahwa untuk memproduksi ayam potong sebanyak 130 ekor, dia membutuhkan waktu selama satu jam untuk membersihkan ayam dengan menggunakan mesin penggiling bulu.
Sementara jika hanya menggunakan tenaga manusia, waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi 130 ekor akan semakin lama hingga berjam - jam.
Jika listrik padam otomatis proses produksi tidak akan berjalan dan usahanya akan merugi karena mengalami keterlambatan pengiriman ke pasar - pasar untuk dijual.
Menurut Johan, mesin penggiling bulu hanya mengandalkan listrik dari PLN karena jika hanya menggunakan mesin generator tidak akan mampu karena daya tariknya mencapai ribuan watt.
"Akibat mati lampu kami pengusaha ayam potong kewalahan dalam produksi dan mengalami kerugian. Kami sangat mengandalkan listrik untuk produksi, sebab jika hanya menggunakan tenaga manusia maka bisnis kami merugi," ujarnya.
Apalagi jika nantinya pihak PLN pada pertengahan bulan Maret ini akan melakukan pemadalam listrik lebih lama lagi, pasti kerugian akan semakin besar.
"Saya bingung apa yang harus saya lakukan kalau pemadaman listrik lebih lama lagi. Saya yakin produksi akan semakin lambat karena menggunakan tenaga manusia dan kerugian akan kami alami," kata Johan. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama