Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Dinas Dukcapil Masuk Zona Merah Pelayanan Publik
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Palu - Kepatuhan pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu setelah dilakukan survei oleh Ombudsman perwakilan Sulawesi Tengah mendapat nilai rata – rata 14 – 29 atau masih rendah dan masuk dalam zona merah.
Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tengah, H Sofian Lembah, survei yang dilakukan Ombudsman di Kota Palu di 10 SKPD terkait kepatuhan pemerintah dalam memenuhi komponen standar pelayanan publik sesuai Undang – Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Survei kata dia, belum pada penilaian keberhasilan pelayanan publik, namun masih pada tingkat kepatuhan pelayanan publik, dimana Ombudsman memberikan tiga kategori penilaian yakni rendah dari nilai 0 – 50 masuk zona merah, sedang dengan nilai 51 – 80 masuk zona kuning dan nilai 81 – 100 masuk zona hujau.
Kota Palu lanjut Sofian, setelah dilakukan survei terhadap 25 produk layanan memperoleh nilai 47,58 yang artinya kepatuhan pelayanan publik berdasarkan UU Nomor 25 tahun 2009 redah dan masuk dalam zona merah.
Menurutnya, survei dilakukan untuk mencegah terjadinya maladministrasi, sebab selangkah saja salah maka akan masuk oada tindakan korupsi.
Pada Dinas Dukcapil Kota Palu, ada lima produk layanan yang disurvei oleh Ombudman yakni keterangan kematian, Akta Pernikahan untuk Non Muslim, Akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
Layanan Keterangan kematian dan KTP mendapatkan nilai paling rendah yakni 14, sementara layanan lainnya mendapat nilai 23 – 29. Artinya pelayanan publik di Kantor Dukcapil Kota Palu tingkat kepatuhannya terhadap UU tentang pelayanan publik masih rendah dan masuk pada zona merah.
Satu – satunya SKDP yang mendapat nilai tertinggi dan masuk zona hijau setelah dilakukan survei oleh Ombudsman yakni pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) kota Palu dengan nilai rata – rata 96.
Meski demikian belum mampu membawa Kota Palu pada kepatuhan pelayan publik yang baik. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama