Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » 40 Ribu Kubik Galian C di Lokasi Reklamasi Siap Dibayarkan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Palu - Pihak perusahaan penyuplai material di lokasi reklamasi mengaku siap membayar pajak  tambang galian C kepada Pemerintah Koita (Pemkot) Palu kurang lebih Rp 80 juta.
Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Palu, Musliman Malappa mengatakan bahwa PT Tri Mitra Sejati selaku perusahaan yang menyuplai material galian C ke lokasi reklamasi pantai Talise kecamatan Mantikulore akan segera membayar pajaknya kepada Pemkot Palu. Hanya saja pihak Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palu belum menetapkan besaran pajak yang harus dibayarkan.
Menurutnya, pada 3 Desember 2015 lalu, Dinas ESDM Kota Palu telah menyerahkan berita acara besaran volume kubik material yang harus dihitung pajaknya kepada DPPKAD Kota Palu.
Musliman menambahkan bahwa setelah menerima laporan tersebut seharunya pihak DPPKAD sudah bisa langsung mengjitung besaran pajak yang harus dibayar oleh perusahaan penyuplai material galian C tersebut. Namun ternyata seletah pihak dinas ESDM mengkonfiormasi hal tersebut kepada Perusahaan, ternyata pembayarannya masih ditunda karena belum adanya ketetapan besaran pajak yang harus dibayar.
Dia menjelaskan bahwa pihak DPPKAD Kota Palu beralasan bahwa perhitungan pajak untuk perusahaan penyuplai belum ditetapkan karena belum diketahui seperti apa perhitungannya, padahal perhitungannya cukup dengan menggunakan Peraturan daerah (Perda) Kota Palu atau Peraturan walikota (Perwali).
Menurutnya, Dinas ESDM Kota Palu telah memasukan laporan Volume material galian C yang telah masuk di Lokasi Reklamasi tahun 2015 oleh PT Tri Mitra Sejati. Jumlahnya yaitu 10 ribu ret dimana setiap ret ada 4 kubik , berarti ada 40 ribu kubik yang telah masuk. Jika dikalikan dengan harga pajak, kata Musliman, maka besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada Pemkot Palu sekitar Rp 80 Juta. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama