Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Mempertahankan Habitat Masyarakat Petani
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Rehab Irigasi Sausu
Sebelum Rehabilitasi Terhadap saluran Irigasi sausu kiri atas dilakukan, banyak masyarakat Petani Melakukan Alih Pekerjaan. Awalnya Bertani lalu menjadi  Pekerja kebun Coklat dan membuka kebun Coklat. Kini, masyarakat itu kembali menjadi Petani sebagai dasar pertama mereka melakukan aktifitas sehari harinya “
Balai Wilayah Sungai sulawesi III merupakan suatu lembaga non vertikal pemerintahan yang ada di kementerian PU PERA. Balai ini unit kerja sekitar pekerjaan menyangkut sumber daya air. Mulai pada pengairan irigasi, rawa tambak dan sungai.
Program pemerintah pusat lewat kementerian PU PERA setiap tahunnya berkesinambungan demi tujuan kesejahteraan rakyat indonesia dalam mendapatkan sarana prasara penunjang fasilitas mereka.
Sarana prasarana penunjang fasilitas masyarakat itu dilakukan dengan pembukaan areal baru, pembangunan sarana baru ataupun melakukan rehabilitasi fasilitas yang ada supaya semakin memberikan dampak lebih bagus kepada masyarakat pengguna fasilitas dimaksud.
Lewat balai Wilayah sungai Sulawesi III yang dinahkodai oleh  Ir Moh. K Nizam lembah, fasilitas fasilitas irigasi banyak yang disentuh dalam program pemerintah pusat.
I wayan Karnaya, ST MT selaku pejabat Pembuat komitmen menuturkan bahwa Salah satu Irigasi yang disentuh dalam program rehabilitasi itu adalah saluran irigasi di Sausu, tepatnya pada Daerah irigasi sausu Atas kiri. Saluran irigasi di lokasi ini dilakukan pekerjaan rehabilitasi, yang sampai periode awal desember ini sudah mencapai pekerjaan sekitar kurang lebih 95 % pekerjaan fisik.
Pekerjaan rehabilitasi daerah Irigasi sausu Atas kiri itu dilakukan atas perencanaan awal yang sesuai dengan program pemerintah pusat. Dengan out put pada pekerjaan itu sekitar kurang lebih 5 kilometer persegi dari areal lokasi.
Sedangkan out come dari pekerjaan rehabilitasi pekerjaan itu sekitar kurang lebih 500 Ha persegi dari lokasi yang dikerjakan, rehabilitasi saluran ini tertuju pada perbaikan saluran sekunder gerobogansari  pada Daerah irigasi sausu Atas kiri.

Pekerjaan ini ternyata sangat besar pengaruhnya pada psikologis masyarakat sekitar yang sebelumnya sangat menikmati fasilitas saluran itu, sebelumnya masyarakat secara mayoritas diareal itu adalah petani.
Tetapi sebelum pekerjaan rehabilitasi dilakukan, beberapa kelompok masyarakat mayoritas itu melakukan alih pekerjaan yakni melakukan pekerjaan berkebun coklat, itu dilakukan kurang maksimalnya saluran air yang ada, jelas wayan yang juga didampingi Kepala satuan kerja Pelaksanaan Pemamfaatan jaringan air Sulawesi III Binga ST MT.
Alhasil, lewat anggaran pemerintah pusat melalui Balai Wilayah sungai sulawesi III, merehabilitasi saluran irigasi itu di tahun sebelumnya memberikan keceriaan terhadap masyarakat sekitar, karena fungsi pasokan air melalui saluran semakin maksimal.
Dan puncaknya ditahun ini, rehabilitasi saluran irigasi sausu atas kiri akan sempurna dan akan terealisasi tujuan penggunaannya oleh masyarakat sekitar yang mayoritas kembali melakukan aktifitas sebagai petani. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama