Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » » 2016 Target PAD Hotel Naik 30 Persen
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Hotel Santika Palu

Palu - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk sektor pajak hotel tahun 2016 mendatang akan mengalami kenaikan hingga 30 persen.
Target PAD hotel telah ditetapkan sebesar Rp 11,6 Miliar dimana jumlah tersebut lebih tinggi dari target tahun 2015 yang hanya Rp 9,5 Miliar.
Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan 1 Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Palu, Herman Farid mengatakan bahwa target PAD tahun 2015 sebesar Rp 9.5 Miliar dipastikan tidak tercapai, pasalnya per Desember 2015 targetnya baru mencapai 90 persen lebih.
Meski demikian kata Herman, target untuk tahun 2016 justru mengalami peningkatan  kurang lebih 30 persen dari target tahun sebelumnya.
Herman optimis target Rp9,5 Miliar dapat tercapai mengingat potensi retribusi pajak hotel di kota Palu cukup besar. Satu hotel besar saja basa menyumbangkan PAD Rp 3 Miliar lebih, sedangkan hotel sedang maupun kecil mampu menyumbang Rp 1 Miliar lebih, sementara jumlah hotel dikota Palu yang telah terdaftar sebagai wajib pajak ada sekitar 88 hotel.
Menurutnya, PAD Kota Palu dari sektor pajak hotel tahun 2015 tidak mencapai target akibat terbitnya Peraturan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) 2015 tentang larangan PNS menggelar rapat di hotel.
Sejak diberlakukan kebijakan larangan PNS rapat di hotel sangat memukul usaha perhotelan, karena mempengaruhi okupansi dari biasanya 80 persen menjadi 25-30 persen. Dan menyebabkan pemasukan untuk PAD juga berkurang.
Jika tidak aad benturan lagi seperti yang terjadi tahun 2015 Herman yakin dan optimis target PAD dari sector pajak hotel sebesar Rp11,6 Miliar dapat tercapai. ata

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama