Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Seluruh Bangunan Wajib Miliki IMB
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Dialog interaktif yang dipandu oleh om kota di RRI Palu dengan menghadirkan kepala DPRP Kota Palu, Singgih B Prasetyo dan Kabid Pengawasan dan Pengendalian DPRP Kota Palu, Risman. Foto : Yusuf
Bahas Persoalan Tata Ruang dan Pengendalian
PALU - Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman (DPRP) Kota Palu, Singgih B Prasetyo mengingatkan bahwa setiap warga yang ingin membangun harus mendapat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
“IMB adalah Izin yang diberikan Pemda kepada orang pribadi atau badan usaha untuk mendirikan bangunan agar desain pelaksanaan pembangunan dan bangunan sesuai dengan tata ruang,” ujar Singgih dalam dialog interaktif yang dipandu Om Kota di RRI Palu belum lama ini.
Dalam dialog yang juga dihadiri Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian DPRP Kota Palu, Risman itu, Singgih menyebutkan bahwa dalam proses pembangunan suatu gedung harus memiliki surat ijin tersebut. IMB diberikan untuk mengatur, mengawasi serta mengendalikan, terhadap setiap kegiatan membangun, memperbaiki dan merombak atau merobohkan bangunan daerah.
“Tujuan dari sebuah perijinan untuk mengendalikan setiap kegiatan pembangunan agar sesuai dengan teknis konstruksi dan arsitektur sehingga tercapai perencanaan tata ruang kota yang optimal dan menjamin kepastian hukum sekaligus memberikan perlindungan kepada pemegang ijin maupun masyarakat,” ujarnya.
Hanya saja yang sangat disayangkan, kata Singgih, pada sejumlah wilayah masih banyak masyarakat yang membangun tidak sesuai dengan peruntukan IMB, bahkan ada yang semaunya saja membangun sehingga tidak sesuai dengan garis sempadan jalan dan lokasi dimana letak bangunannya berada.
“Sehingga hal inilah yang memantik DPRP bersama aparat gabungan melaksanakan penertiban IMB di lapangan. Kalau masyarakat mengikuti prosedur sebagaimana yang dipersyaratkan sesuai dengan tata ruang maka jelas saja tidak akan melanggar, sehingga inilah yang menjadi persoalan di lapangan. Soal bijak dalam melaksanakan penertiban DPRP juga bisa memahami namun harus sesuai dengan peruntukan tata ruang permukiman yang ada sesuai aturan," jelasnya.
Hal senada juga di sampaikan Kabid Pengawasan dan Pengendalian DPRP Kota Palu, Risman. Katanya, DPRP berharap agar masyarakat patuh dan tertib dalam mengikuti aturan soal tata ruang. “Membangun apa saja baik itu perumahan tempat tinggal, rumah kos, ruko atau hotel harus sesuai prosedur dan sesuai dengan IMB. Sebab dengan mengikuti aturan maka pengendalian pembangunan dengan segala aspek di dalamnya bisa berjalan tertib sehingga penataan perkotaan bisa berjalan sesuai harapan,” ungkapnya. yusuf

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama