Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Pemkot Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen Renstra SKPD 2015
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


walikota Palu, H Andi Mulhanan Tombolotutu saat menerima tamu narasumber dari Jakarta yang memberikan pelatihan penyusunan dokumen Renstra. Peserta pelatihan dari perwakilan SKPD se Kota Palu. Foto : Yusuf

Palu - Keberadaan suatu dokumen perencanaan, seperti dokumen Rencana Strategis (Renstra), sangat dibutuhkan untuk pedoman pelaksanaan kinerja suatu lembaga pemerintahan, karena ada dua alasan yang melatarbelakanginya, yaitu bahwa setiap priodesasi pemeritahan membutuhkan target pencapaian kebijakan yang tertuang dalam narasi visi dan misi.
Gambaran ini disampaikan walikota Palu, H Andi Mulhanan Tombolotutu SH di hadapan perwakilan narasumber dan juga perwakilan dari SKPD Pemkot Palu. Kegiatan pelatihan penyusunan Renstra tersebut dilaksanakan dua hari di mulakan Selasa (15/9). Lebih jauh walikota Palu mengatakan bahwa untuk mencapainya dibutuhkan tahapan atau langkah strategis yang berkesesuaian dengan ketersediaan sumberdaya yang dimiliki.
Disebabkan keterbatasan yang sifatnya internal maupun eksternalitas, yang secara langsung ataupun tidak langsung turut berpengaruh dengan pilihan strategis yang akan dilaksanakan, khususnya pada pengalokasian sumberdaya yang ada berupa sumberdaya alam, manusia dan dana.
Maka untuk mensistimatisasi pengelolaan, pengaturan serta tahapan aplikasi rencana tersebut, maka menjadi penting untuk disusun secara cermat dan rasional yang tertuang dalam dokumen perencanaan jangka menengah.     
Sebutnya lagi, bahwa untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran perencanaan yang telah ditentukan, terkadang  dibatasi oleh limitasi faktor internal ataupun eksternal.
Maka seorang perencana haruslah memiliki intuisi kemampuan untuk membuat dan menentukan prioritas terhadap penanganan persoalan atau tahapan startegis mana yang seharusnya lebih dikedepankan untuk dapat diselesaikan lebih awal.
Penyusunan rencana strategis adalah suatu hal yang sangat membantu percepatan pencapaian visi suatu pemerintahan, tentu saja dengan syarat keberadaan dokumen renstra tersebut dipedomani untuk dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen.
Perencanaan strategis dengan memperhatikan berbagai faktor internal dan eksternal suatu daerah, secara tidak langsung akan membuat berbagai pihak yang terlibat baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dapat saling mempertukarkan kelebihannya masing-masing secara kolaboratif.
Keberadaan dokumen rencana strategis, seharusnya juga merupakan unsur penting dari upaya untuk mengkonstruksikan pencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat disuatu daerah secara lebih cepat dalam bentuk alur fikir teknokratis yang rasional. Seraya menambahkan bahwa kegiatan ini dapat benar-benar diikuti secara serius oleh setiap peserta yang telah diutus oleh skpdnya masing-masing. yusuf


Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama