Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Molosipat - Tinombo Deviasi Plus, Protokoler Kesehatan Dijalankan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama



Palu, sultengaktual.com - proyek Pekerjaan Preservasi Jalan Ruas Molosipat - Lambunu - Mepanga - Tinombo yang dikerjakan Oleh kontraktor pelaksana PT Tunggal Maju Jaya ( TMJ) setelah menjadi pemenang lelang pada proses tender/lelang Pekerjaan ini dan penandatanganan kontrak di Februari 2020 Lalu.


PT TMJ selaku pemenang lelang pekerjaan Ruas Molosipat - Lambunu - Mepanga - Tinombo setelah tanda tangan Kontrak pekerjaan dibulan Februari 2020 lalu harus menyelesaikan penanganan pekerjaan dengan panjang Target sepanjang kurang lebih 15 KM sampai batas akhir di desember nanti dengan Hasil Akhir Pekerjaan Jalan Hot Mix.

Pekerjaan pekerjan di ruas ini mulai dari pengaspalan, galian longsoran, saluran, pemeliharaan secara rutin untuk jalan dan jembatan, susunan batu dan ada juga pekerjaan pembuatan Box Culvert.

Tetapi dari semuanya itu menurut Kasatker PJN wilayah II pada BPJN XIV Palu Amin Hamid melalui Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK 2.1 ) Wisnu Herlambang, ST kepada media ini bahwa pekerjaan utama yang ditangani dalam ruas ini adalah Rutin Jalan, Rekon Rehab dalam penanganan longsoran juga, penanganan Rutin pada Jembatan, preservasi Jembatan dan juga pelebaran Jalan atas pekerjaan yang nilai kontraknya sebesar RP 42,4 Milyard.

Ditambahkan Wisnu sapaan Akrabnya yang juga pernah Jadi PPK di Wilayah Gorontalo bahwa pekerjaan pengaspalan sementara dilakukan sesuai dengan design dengan panjang Target kurang lebih 15 KM mulai dari tinombo sampai molosipat dengan titik titik pengaspalan yang tersebar.

Dan juga pekerjaan yang dibiayai Murni atas APBN dari Kementerian PU PERA ini (sampai berita Dinaikkan- Red) memiliki nilai Deviasi plus sekitar 12,166% atas pekerjaan progres rencana di 14,197% dan realisasi progressnya pada 22,854%, urai Wisnu Di Ruang Kerjanya.

Salah satu pemerhati pembangunan Infrastruktur Jalan, Rahman mengungkapkan jika bisa diamini soal penganggarannya ke tahun berikut, ruas jalan yang ada di sulteng dan dibiayai lewat APBN perlu mendapatkan prioritas, mulai dari lebarnya Lajur serta lebarnya badan jalan dannjuga bahu jalan, karena hal itu juga memiliki aturan, yakni lajur jalan itu kalo tidak salah sekitar 3,5 meter dan idealnya badan jalan itu memiliki lebar sekitar 7 meter dengan lebar masing masing bahu jalan kiri kanannya masing masing sepanjang 2 meter. Apa lagi beberapa ruas yang ada di sulteng itu dikategorikan Jalan Arteri, seperti halnya Ruas jalan yang terdapat di wilayah Pantai Timur Sulteng, jelas Rahman Dengan Penuh Harap.

Untuk pelaksanaan pekerjaan di tahun ini, sesuai aturan yang diturunkan melalui Kementerian PU PERA bahwa di pandemi wabah vuris Covid-19 ini terjadi Refocusing yakni adanya pemotongan anggaran yang mana pemotongan itu dialihkan untuk penanganan Covid19.

Otomatis dengan adanya aturan Refocusing pasti berdampak atas pekerjaan yang terjadi dilapangan dan pastinya tidak menutup kemungkinan sebagian target penyelesaian pekerjaan bisa menyeberang tahun.

Wisnu juga menambahkan bahwa dengan Adanya Refocusing yang terjadi maka pelebaran jalan yang termaktub dalam kontrak pekerjaan sepanjang yang sedianya 4,9 KM menjadi 1,6 KM saja penangananya di sekarang ini.

Meski pandemi wabah virus corona (Covid-19) mewabah dan terus meningkat dengan bertambahnya pasien yang positif, pihak Kementerian Pekerjaan Umun Dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja PJN II Sulawesi Tengah dibawah Naungan Balai Pembangunan Jalan Nasional Wilayah XIV Palu (BPJN XIV PALU) tetap memacu kelanjutan Pekerjaan Preservasi Jalan Ruas Molosipat - Lambunu - Mepanga - Tinombo dengan standar prkerjaan hang sydah ditentukan dan tetap melakukan protokoler kesehatan demi menjaga dan menekan serta menghindari penyebaran Virus Corona, Seperti menggunakan Masker dan pengukuran suhu tubuh pada unsur unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, seperti halnya Kunjungan pihak Kasatker PJN II dilapangan Menerapkan protokoler kesehatan yang ada.
        Penulis : Randhy Budiman,S.Sos




Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama