Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » Ini Tanggal Pelaksanaan Pacuan Kuda Piala Gubernur di Parigi, Hadiah Utamanya Sepeda Motor
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Parigi Moutong, Sultengaktual.com- Pengurus PORDASI Sulawesi Tengah dan Parigi Moutong serta panitia pelaksana Pacuan Kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah 2020 telah menentukan tanggal main balap kuda di Kabupaten Parigi Moutong. Keputusan pelaksanaan iven tahun ini diterbitkan pasca uji coba arena pada Minggu 16 Februari.

Penetapan waktu pelaksanaan itu dilakukan melalui rapat yang dipimpin Ketua PORDASI Sulawesi Tengah Anjas Lamatata, didampingi sekretarisnya Opan Lamadjido, Wakil Ketua Bidang Publikasi PORDASI Pusat Imam, Pengcab PORDASI Parigi Moutong, panitia pelaksana serta dihadiri ketua KONI Parigi Moutong Faisan Badja Bersama sekretaris KONI Parigi Moutong Supardin, pada Senin, 17 Februari.

Dari kanan, Wakil Ketua Bidang Promosi PORDASI Pusat Imam,
Ketua PORDASI Sulawesi Tengah Anjas Lamatata,
Ketua KONI Parigi Moutong Faisan Badja,
Wakil Ketua I Pordasi Parigi Moutong Arwin,
saat meninjau sekaligus uji coba lintasan pacuan kuda
di Desa Baliara, Minggu 16 Februari.
Foto: istimewah
Lewat pertemuan yang digelar di Sekretariat Pengcab PORDASI Parigi Moutong, Kelurahan Kampal, itu menunjuk tanggal 21 dan 22 Maret 2020, hari Sabtu dan Minggu sebagai waktu pelaksanaan iven perebutan piala gubernur Sulawesi Tengah.

Informasi penetapan waktu pelaksanaan piala gubernur ini disampaikan ketua PORDASI Provinsi Sulawesi Tengah, Anjas Lamatata. Katanya, selain piala dan uang tunai, sepeda motor dijadikan sebagai piala utama.

Berita terkait: Uji Pacu Arena Baru, Tim Teknis: Piala Gubernur Layak di Parigi

Walau sudah memastikan hadiah utama, namun Anjas belum mengungkap nilai bonus, baik secara total maupun per kelas. “Untuk total bonus serta rinciannya nanti kita publis pekan depan. Yang pasti untuk angka bonus tidak jauh beda dengan yang sudah sering digelar di Sulawesi Tengah,” kata Anjas, yang ditemui Sultengaktual.com di sekretariat PORDASI Parigi Moutong, Senin 17 Februari.

Ia menjelaskan, menyangkut satu unit sepeda motor yang jadi hadiah andalan pada lomba yang akan digelar di jalan Polumba Dusun III Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, merupakan sumbangan dari ketua KONI Parigi Moutong.

"Sebuah apresiasi serta motivasi bagi PORDASI dengan adanya sumbangan dari ketua KONI Parigi Moutong. Ini merupakan beban tanggung jawab untuk menyukseskan piala gubernur tahun ini," ucap Anjas.

Menyangkut bentuk kegiatannya, diungkapkan Anjas, digelar secara terbuka dan lokal.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja membenarkan pemberian sepeda motor untuk iven piala gubernur Sulawesi Tengah 2020. Katanya, sumbangan tersebut bertujuan memeriahkan pacuan kuda di Parigi.

Baca juga: PORDASI Parigi Moutong Mulai Garap Arena Pacu Kuda

Sumbangan itu juga kata Faisan sebagai apresiasi kepada PORDASI yang sebagai salah satu cabang olahraha baru di Parigi Moutong.

"Tujuan utamanya, mensuport PORDASI Parigi Moutong untuk menarik minat atlit-atlit serta tim berkuda dari luar Sulawesi Tengah ikut serta meramaikan kejuaraan piala gubernur Sulawesi Tengah," tulis Faisan via percakapan whatsApp, Senin 17 Februari.

Terlepas dari olahraga, dukungan KONI ke PORDASI juga erat kaitannya dengan sejarah. Katanya, menurut sejarah, tentang berkuda ini merupakan budaya pendahulu di Parigi.

"Lewat PORDASI diharapkan bisa tergali kembali tentang sejarah berkuda di Parigi Moutong," harap Faisan.

Penulis: Andi Sadam

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama