Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » PORDASI Parigi Moutong Mulai Garap Arena Pacu Kuda
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Persiapan Piala Gubernur Sulawesi Tengah 2020. 

Parigi Moutong, Sultengaktual.com- Arena pacuan kuda di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sejak Kamis 30 Januari mulai dikerja. Penggarapan lintasan pacu itu dipersiapkan untuk gelaran Piala Gubernur 2020.

Lokasi adu kecepatan lari kuda itu dibikin di Dusun III Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat.

Arwin, Wakil Ketua 1 Pengcab PORDASI Parigi Moutong
Wakil Ketua 1 Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Parigi Moutong, Arwin kepada wartawan menuturkan kalau rencana membuat arena pacu itu sudah digagas sejak akhir tahun 2019.

"Alhamdulillah, hanya dalam waktu sekitar dua bulan dari perencanaan, kini kami sudah melakukan penggusuran lahan. Lebih dari tiga hektar luas lokasi yang kami siapkan," ungkap Arwin.

Ia menyebut kalau tiada aral melintang, paling lama dua pekan lintasan tersebut sudah mantap. Setelah ready, nanti tim teknis utusan PORDASI Provinsi Sulawesi Tengah yang akan melakukan uji coba adu speed kuda.

Lokasi pacuan kuda yang baru digusur pada Kamis 30 Januari 2020,
di Desa Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong.
"Sesudah dites dan dipastikan layak oleh tim teknis, kemudian akan ditetapkan tanggal serta bulan pelaksanaan pacuan kuda perebutan piala gubernur. Kira-kira antara akhir bulan Februari atau awal Maret," ujarnya.

Arwin yang akrab disapa Aco ini menambahkan kalau lomba pacuan nanti akan bibuat secara terbuka. 

"Sistem pendaftaran terbuka. Peserta dari mana saja bisa daftar. Untuk kelasnya kita mengikuti kelas-kelas yang sudah sering dipertandingkan di Provinsi Sulawesi Tengah," kata Aco didampingi Wakil Ketua II Pengcab PORDASI Parigi Moutong, Mohammad Ridwan di lokasi persiapan pacuan, Jumat 31 Januari.

Aco menambahkan, mungkin publik beranggapan bahwa pacuan kuda masih asing di Parigi. Tapi sesungguhnya, bila merunut history, balap kuda di Parigi Moutong sudah ada sejak puluhan tahun silam. "Selaku saksi hidup kini masih ada. Serta sebagai bukti bahwa lokasi yang disiapkan saat ini adalah arena pacu kuda pertama di wilayah Parigi," ungkapnya.

Selain ingin membangun olahraga berkuda di Parigi Moutong, nawaitu mengangkat sejarah juga jadi dasar Pengcab PORDASI Parigi Moutong jadi tuan rumah menggelar lomba pacuan kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020.

Penulis: Andi Sadam

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama