Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » Maju Pilgub: Dayat, Cudy, AH dan NDB Daftar ke Gerindra
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu, Sultengaktual.com- Empat tokoh popular Sulawesi Tengah dikabarkan mendaftar ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra, guna ikut seleksi bakal calon gubernur Sulteng. Empat figure itu adalah, M Hidayat Lamakarate alias Dayat, Rusdy Mastura alias Cudy, Anwar Hafid (AH) dan Nurmawati Dewi Bantilan (NDB).

ilustrasi Pilkada serentak
Masing-masing bakal calon tersebut, merupakan nama-nama yang sudah viral diisukan jadi peserta di kontestasi politik pada 2020 mendatang.

Sekadar di ketahui, Dayat saat ini sebagai sekretaris provinsi aktif. Sedangkan AH kini sebagai anggota DPR RI terpilih pada Pileg baru-baru ini. AH juga tercatat sebagai bupati Morowali dua periode.

Berikut NDB merupakan keterwakilan gender yang pernah dua kali berturut-turut menjadi senator DPD RI. Sedangkan Cudy, meski tak terpilih pada Pileg DPR RI belum lama ini, namun loyalis serta konstituennya cukup diperhitungkan di Sulteng. Tolak ukur seorang Cudy sudah terukur lewat jabatan Walikota Palu yang berhasil lolos dua periode. Bahkan pada Pilgub 2015 lalu Cudy nyaris mengalahkan gubernur petahana Longki Djanggola.

"Kita belum punya syarat khusus untuk bakal calon yang akan diusung, walaupun empat nama yang sudah mendaftarkan diri di Partai Gerinda memiliki kemampuan elektabilitas yang sangat kuat. Kita punya ketua DPD itu adalah yaitu Gubernur Sulteng dua periode, tentunya dia lebih paham secara persis siapa nanti yang akan diusung untuk bisa melaksanakan fungsinya sebagai kepala daerah," ujar Ketua Badan Seleksi (Bansel) DPD Gerindra Sulteng, Stivan Sandagang kepada wartawan, Senin 16 Desember 2019, lewat lansiran Detikcom yang ramai di beranda warga net.


Stivan menyarankan agar para pendaftar bakal calon di Pilgub Sulteng menyiapkan bakal calon wakilnya, termasuk memetakan kekuatan kursi Parpol untuk mengusung calon.

"Visi-misi masing-masing bakal calon kita sudah terima pada tahap pengembalian dokumen. Namun kita menyarankan untuk masing-masing segera mencari bakal calon wakilnya dan partainya untuk melengkapi Partai Gerindra. Masing-masing bakal calon harus menyiapkan kecukupan sembilan partai, karena itu adalah 20 persen dari jumlah 45 kursi di DPRD Sulteng," sebut Stivan. 
Andi Sadam
Dikutip dari Detikcom 


Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama