Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Masyarakat Palu Bangga, Fly Over Dibangun
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Ibnu: Kita Tunggu Saja, Tendernya Hampir Rampung.

Palu, Sultengaktual- Kebanggaan Masyarakat Palu Sebentar lagi akan terwujud dengan akan dibangunnya Jalan Fly Over di seputaran Wilayah Pantoloan, Palu Sulawesi Tengah. Sebelumnya Kami juga sangat Bangga karena kota Palu sudah memiliki beberapa tempat tempat yang dianggap fenomenal yang menjadi ikon kota Palu, sebut saja ada patung Kuda, Tugu Nosarara Nosibatutu (Tugu Perdamaian) serta Jembatan Palu IV yg lebih dikenal Jembatan Ponulele serta Hamparan Anjungan Di pesisir Pantai Talise, meskipun jembatan serta anjungan itu luluh lantah hingga roboh dan ambruk akibat bencana alam gempa bumi pada september 2018 lalu, ungkap Tian salah satu pemerhati pembangunan di Sulawesi Tengah.
Nampak maket proyek
pembangunan Fly Over Pantoloan
(foto: Istimewa)
Disamping itu, Tian juga memaparkan meskipun pembangunan Fly Over ini yang prinsipnya memberikan out come atas wilayah pantoloan merupakan areal pusat bisnis industri niaga yang mana diareal itu terdapat pelabuhan/Port Pantoloan dan Areal bisnis handal Kota Palu Yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tambahnya.
Kita ketahui bersama bahwa perampungan pembangunan Pelabuhan Pantoloan Masih tetap akan berlanjut karena sudah merupakan patokan program pengembangan pelabuhan pelabuhan yang dibiayai Oleh Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) melalui leading sektor Kementerian Perhubungan. Dan pemantapan areal KEK juga sementara dipercepat agar areal itu bisa berfungsi dan berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan penetapan KEK di Kota Palu, jelas Tian.
Jika mau dikatakan dari pengembangan mega proyek yang ada di lokasi pantoloan maka saya secara pribadi menginginkan penyelesaian secara awal di lokasi pelabuhan yang sedang dikembangkan dan juga merealisasikan serta mengfungsikan areal KEK baru kemudian di bangun Fly over tersebut.
Agar out come atas pembangunan fly over itu langsung mengenai sasaran pokok, "Ini jika saya ditanyakan soal mana yang lebih dulu harus diselesaikan" Ujar Tian.
Sementara Itu, BPJN XIV Palu melalui Kepala Satuan Kerja PJN II Sulawesi Tengah, Ibnu Kurniawan, ST Yang Nantinya sebagai Pengguna atau Institusi yang melaksanakan serta mengawal pembangunan Fly Over Pantoloan Tersebut mengatakan kita tunggu saja hasil proses lelang atas paket pekerjaan Tersebut (Fly over - red) karena proses lelang itu sementara berjalan, ungkap Ibnu di Ruang kerjanya ketika ditanyakan mengenai Proyek Fly Over.
Sekarang Paket pekerjaan Fly Over sementara proses lelang, kita tunggu saja hasilny.
Karena kita ketahui bersama bahwa proses lelang untuk pekerjaan ini sudah dilakukan sampai ketiga kalinya hingga saat ini, ujar Ibnu.
Proses lelang ini tidak pernah dilakukan penundaan seperti yang kami ketahui, bahwa pada proses lelang pertama dilakukan tidak menghasilkan pemenang lelang dikarenakan tidak adanya perusahaan rekanan yang layak untuk ditetapkan sebagai pemenang, lalu pada proses lelang yang kedua dilakukan pun ternyata kandas dan harus dilakukan lelang ulang untuk ketiga kalinya saat ini. Papar Ibnu.
Dilelang Kedua, sesuai hasil proses lelang yang dilakukan Pokja lelang Paket Fly Over sebenarnya sudah menghasilkan pemenang lelang dan tahapannya sudah sampai kepada penunjukan pemenang lelang, hasil pda proses ini kemudian gagal dan harus lelang kembali ketika salah satu peserta lelang melakukan sanggah banding atas penetapan pokja terhadap penunjukan pemenangnya dan sanggahan itu diterima, olehnya itu maka sesuai aturan harus dilakukan lelang ulang, sehingga paket fly over ini sampai sekarang sudah dilakukan lelang yang ketiga, yaa kita berdoa saja supaya proses lelang kali ini sudah bisa menghasilkan perusahaan pemenang yang kualifide dan berkompeten, papar Ibnu.
Ibnu menjelaskan secara berulang bahwa secara jadwal lelang yang diatur dalam aturan yang ada bahwa lelang ini tidak ditunda dan hingga proses tahapan yang ada sekarang ini alangkah baiknya bapak menanyakan langsung ke Pokja di Badan Pelelangan Barang Dan Jasa yang ada, mereka pasti akan menjelaskan secara rinci mengenai proses lelang pekerjaan
fly Over dari lelang pertama sampai lelang ketiga ini tidak pernah ditunda sambil mengulang dan mengarahkan silahkan tanyakan ke Pokja, karena kami tinggal menunggu hasil kerja pokja kemudian melakukan action lapangan dalam melakukan pekerjaan, karena tahapan sekarang masih dalam ranah pekerjaan di Pokja, Jelas Ibnu Sambil mengarahkan untuk bertanya juga dan mendapatkan penjelasan Dari Pokja.
Kami selaku institusi yang mengawal serta melaksanakan pekerjaan yang nantinya bekerja sama dengan perusahaan pemenang lelang akan memacu serta optimis jika pekerjaan ini terkontrak maka kami tuntaskan pada waktunya sesuai dengan dokumen kontrak, tambah Ibnu sembari mengatakan bahwa kita tunggu saja hasil lelangnya.
Sementara Itu, salah satu anggota pokja untuk proses lelang pembangunan Fly Over yang ditemui mengungkapkan bahwa proses lelang ini masih berjalan hingga sekarang ini, dan ini merupakan proses lelang yang ketiga, ujar Anggota pokja yang meminta identitasnya tidak diekspose. Proses lelang dari awal hingga sekarang ini tidak pernah sama sekali dilakukan penunndaan, kalo dilakukan lelang ulang sudah pasti, karena lelang kali ini merupakan lelang yang ketiga kalinya, jelasnya.
Dan untuk diketahui, proses lelang pertama tidak menghasilkan suatu hasil pemenang, karena perusahaan yang ikut proses lelang secara keseluruhan belum secara maksimal dalam mengikuti tahapan lelang, mulai dari kelengkapan adminitrasi hingga data pendukung lainnya.
Sedangkan pada proses lelang kedua sebenarnya sudah menghasilkan pemenang lelang, hanya saja pada proses sanggah hingga sanggah banding perusahaan yang melakukan sanggahan diterima dan sesuai aturan proses lelang yang kedua dinyatakan Batal dan harus diulang, dan sekarang sudah memasuki tahap tahap akhir dari proses lelang yang ketiga kali, kami berharap tak ada kendala lagi dan hasilnya sudah sesuai dengan aturan serta syarat syarat dalam proses lelang sudah terpenuhi Rincinya sambil kembali meminta agar namanya tak usah dicantumkan. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama