Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Ikbal Bungadjim Gagal Maju Lagi, Terganjal Rekomendasi Bupati
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Katanya Karena Saya Dianggap mendukung Salah Satu Pasangan” .

Tidak lolosnya berkas Ketua KPU Parigi Moutong, Ikbal Bingadjim pada seleksi administrasi komisioner KPU Parigi Moutong belum lama ini, dicurigai adanya dendam politik Bupati Samsurizal Tombolotutu. Dugaan itu muncul dari benak Ikbal Bungadjim yang diutarakannya pada Selasa, 27 November 2018.
Ikbal Bungadjim, Ketua KPU Parigi Moutong

Dalam unek-uneknya, Ikbal menuturkan bahwa Bupati Parigi Moutong mencurigainya telah mendukung salah satu kandidat pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu.

“Yang jadi masalah, saya sudah meminta izin secara prosedural, namun saya tidak diberikan izin. Katanya itu karena saya dianggap mendukung salah satu pasang calon bupati di Pilkada kemarin,” sebut Ikbal Bungadjim di ruangannya.

Ikbal menyebutkan, sebagai seorang ASN ia harus tunduk dengan keputusan bupati. Hanya saja, katanya, ia merasa lucu dengan tidak diberikannya rekomedasi  lantaran dianggap mendukung pasangan lain pada kontestasi politik Juni lalu.

Pria asal Balantak, Kabupaten Banggai ini merasa jadi korban politik pada Pilkada lalu. Dimana saat itu lawan politik Samsurizal Tombolotutu menganggap Ikbal Bungadjim mendukung Samsurizal Tombolotutu. Namun sebaliknya, Samsurizal Tombolotutu justru balik menaruh curiga kalua Ikbal Bungadjim membelot ke calon lain.

Namun demikian, Ikbal Bungadjim mengaku menerima segala ‘cemohan’ yang diarahkan padanya. Katanya apa yang menimpanya kini bukan lain buah dari profesionalitasnya menjadi komisioner KPU pada Pilkada di Parigi Moutong lalu.

“Ini menandakan keberhasilan dalam tugas saya sebagai penyelenggara selama lima tahun termasuk Pilkada Parigi Moutong. Adalah bukti bahwa saya sebagai penyelenggara bekerja sudah sesuai koridor,” ucapnya.

Sebagai penyelenggara yang sudah malang melintang di dunia penyelengara pemilu, Ikbal mengaku bisa mengemis pada Bupati Parigi Moutong untuk diberikan rekomendasi. Namun ia tidak melakukan itu karena menjaga netralitas ataupun integritas dari lembaga penyelenggara pemilu di Parigi Moutong yang kini ia nahkodai.

40 Calon Komisioner Lolos Seleksi, Ikbal Tergeser
Sebelumnya, pada Jumat 23 November 2018, terilis 40 nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong. Mereka dinyatakan lolos seleksi adminitrasi. Dari 40 nama, empat diantaranya merupakan komisioner yang masih menjabat aktif. Namun sayang, dari empat komisioner lolos itu, tidak termasuk nama Ikbal Bungadjim yang kini masih menjabat ketua KPU Parigi Moutong.

Kandasnya Ikbal Bungadjim dalam seleksi tersebut, dipicu tidak adanya rekomendasi Bupati Parigi Moutong. Dimana rekomendasi itu sebagai syarat administrasi bagi ASN untuk turut dalam seleksi level awal komisioner. Seperti diketahui, Ikbal Bungadjim sebagai ASN aktif sebagai tenaga pengajar di salah satu SD di Parigi, sebelum terangkat menjadi komisioner KPU dan sebelumnya Bawaslu Parigi Moutong. CX

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama