Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Bina Marga Sulteng Pacu Pemeliharaan Dan Pembangunan Jalan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Palu - Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah Melalui Perangkat SKPD nya yakni dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang terus melakukan peningkatan Infrastruktur Jalan, Baik Secara melakukan Pemeliharaan terhadap jalan yang sudah ada dan juga melakukan pembangunan atau peningkatan Jalan yang dianggap penting dan prioritas.
 H. Syaifullah Djafar, M.Si

Kepala Dinas bina marga dan penataan ruang provinsi Sulawesi tengah ( Sulteng ) Ir. H. Syaifullah Djafar.Msi menjelaskan bahwa, Pemeliharaan jalan merupakan serangkaian kegiatan yang diarahkan untuk menjaga agar struktur jalan dan fungsi jalan meningkat menjadi lebih baik. Pemeliharaan jalan raya ini perlu dilaksanakan mengingat sebagian struktur perkerasan jalan tidak dapat selalu rata selama umur rencananya tanpa adanya kerusakan. Ada masa dimana keadaan perkerasan jalan mulai memburuk hingga pada tingkat yang tidak layak, untuk itu diperlukan suatu pemeliharaan agar kondisi jalan kembali pada tingkat pelayanan yang memadai, sehingga lalu lintas kendaraan dapat berjalan baik dan lancar.
Usaha melakukan perbaikan-perbaikan dengan tujuan untuk memperpanjang umur rencana biasa disebut dengan pekerjaan pemeliharaan jalan. 
Dari survey kondisi jalan didapatkan hasil prioritas pemeliharaan jalan yang dapat berupa peningkatan jalan, overlay atau pemeliharaan rutin berupa penambalan-penambalan. Selain itu termasuk juga dalam pemeliharaan jalan.

Terpisah Amir Sakka.ST.Msi pada media ini menguraihkan, Jalan merupakan prasarana yang sangat menunjang bagi kebutuhan hidup masyarakat,kerusakan jalan dapat berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi terutama pada sarana transportasi darat. Dampak pada konstruksi jalan yaitu perubahan bentuk lapisan permukaan jalan berupa lubang, bergelombang, retak-retak dan pelepasan butiran serta gerusan tepi yang menyebabkan kinerja jalan menjadi menurun. Komperhensifitas perencanaan prasarana jalan di suatu wilayah mulai dari tahapan prasurvey, perencanaan dan perancangan teknis, pelaksanaan pembangunan fisiknya hingga pemeliharaan harus integral dan tidak terpisahkan sesuai kebutuhan saat ini dan prediksi umur pelayanannya di masa mendatang agar tetap terjaga ketahanan fungsionalnya

Kepala Bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah melalui Pejabat pelaksana teknis kegiatan, H.Amir B, Sakka.ST.Msi pada media ini menjelaskan bahwa tahun 2018 akan memprioritaskan pembangunan jalan ruas Gimpu-Moa-Tuare-Bada.
Menurutnya akses jalan yang ada saat ini masih jalan setapak dan hanya bisa di lalui kendaraan roda dua, masyarakat di wilayah tersebut sangat mendambakan pembangunan jalan.
Akses masyarakat dalam mendistribusikan hasil pertanian masih terkendala karena jalan belum bisa di lalui kendaraan roda empat.
" Tahun ini kami akan melaksanakan pembangunan jalan untuk memudahkan kegiatan ekonomi masyarakat." Jelasnya.

Konektifitas dan keterhubungan antara pusat pusat produksi masyarakat menjadi prioritas pemerintah provinsi saat ini, olehnya dinas bina marga akan berusaha melaksanakan kegiatan ini demi kesejahteraan masyarakat di wilayah terpencil.
Amir menguraikan, Jalan penghubung yang melingkupi beberapa desa melintasi areal hutan lindung sehinga pada saat melaksanakan pembangunan jalan harus mendapat izin dari Balai besar taman Nasional Lore Lindu, saat ini jalan yang ada lebarnya hanya 1.5 Meter.
Untuk sampai ke desa tersebut harus melintasi pegunungan terjal dengan jarak tempuh 2.5 Jam perjalanan. Masyarakat berharap pemerintah provinsi dan kabupaten segera merealisasikan pembangunan jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Kulawi Selatan.

Penanganan ruas jalan provinsi merupakan keharusan yang masuk dalam agenda kerja dinas Bina Marga sulteng. Hal ini menjadikan bahwa ruas jalan provinsi merupakan sarana prasarana yang fungsinya menghubungkan masyarakat lintas lokasi dalam menikmati perjalanan sangatlah nyaman.
Olehnya itu, target kami dalam penanganan pemeliharaan ruas jalan pada umumnya di sulawesi tengah dan khususnya untuk bidang pekerjaan kami ini semata mata hanyalah sebagai tanggung jawab dan tugas selaku abdi negara serta aparatur pemerintah dalam menjalankan program pemerintah, dan target institusi kami bahwa kedepan areal areal ruas jalan akan kami lakukan bahwa semua ruas jalan akan berada pada keadaan normal atau jalan tanpa adanya lubang. (RB - Multy Sumber)

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama