Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » MEMAKSIMALKAN FUNGSI JALAN, RUAS PANTAI BARAT TUNTAS 2018
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Satuan Kerja PJN Wilayah I Sulawesi Tengah Balai Jalan Wilayah XIV Palu terus membenahi ruas ruas seakan ‘Menyulap’ melalui penanganan Rutin dan paket kontrak yang ada di koridor itu baik secara kontrak reguler yang sudah lewat di tahun anggaran 2017 lalu dan anggaran multy years pada sekarang ini atau kelanjutan atas kontrak tahun sebelumnya melalui kontrak multy years.

Seperti halnya terhadap ruas  Siboang – ogoamas yang langsung melekat pada kegiatan di satker wilayah I tersebut pada PPK 05 koridor Siboang – malala pada ruas itu dilakukan kontrak multy years untuk pekerjaan pelebaran jalan.
Kontrak yang diawali di 2015 itu akan berakhir pada 2018 sekarang ini terbagi atas dua segmen titik pekerjaan. Yakni pekerjaan yang dimulai pada desa tonggolobibi – balukang dengan batasan kilometer sesuai dengan kontrak serta  dari desa balukan – ogoamas.
Ruas jalan tersebut menghubungkan daerah daerah di sulawesi tengah, terutama lontas kabupaten donggala kabupaten tolitoli serta buol dan juga sampai pada batas provinsi gorontalo.
Helatan pekerjaan itu dikerjakan oleh perusahaan asal kalimantan dengan bendera PT perdana Bumi Syariharti dengan pengawasan dari konsultan supervisi PT Wiraguna tani – PT Sinar Putera abadi palu, JO.
Dalam perjalanan pekerjaan terlaksananya kontrak ruas ini, tidak sedikit persoalan serta hambatan hambatan dilapangan yang terjadi. Hambatan hambatan itu terjadi pada pekerjaan teknis mengenai pekerjaan galian. Dalam hal ini lebih bnyak hambatan itu terjadi, sehingga untuk menaikan bobot volume juga seakan lambat demi mencapai progres ideal daklam menyesuaikan rencana kerja yang ada, ujar Nasrun, ST selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pekerjaan itu.
Selain persoalan teknis yang ada, kendala itu juga sering ada dari hambatan internal pelaksana, seperti peralatan, material serta bahan.
Belajar atas kendala serta hambatan yang ada, pihak pelaksana bersama sama kami selaku pengguna atas pekerjaan itu melakukan perubahan perubahan design sesuai dengan ketentuan yang ada serta melakukan diskusi atau meeting kecil untuk memecahkan persoalan yang menjadi hambatan dilapangan.
Seperti melakukan penanganan kontrak kritis , rapat evaluasi pencapaian bobot serta progres lapanganserta melakukan pengendalian untuk mengetahui seberapa besar kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh penyedia jasa/ pelaksana dalam menyelesaikan uai pekerjaan dengan waktu yang tersedia.
Seperti kendala yang terjadi dilapangan, kendala teknis dalam kontrak pelaksanaan itu terdapat beberapa lokasi galian batu yang cukup keras dan masif. Hal ini menjadi suatu kendala dikarenakan bisa mengganggu jadwal pelaksaan yang sesuai dengan waktu kontrak. Sehingga dalam pelaksanaannya, pihak pelaksana mengambil inisiatif serta langkah langkah dalam menyelesaikan atau mencari solusi cepatv menyelesaikan kendala itu. Alhasil pihak pelaksana melakukan peledakan atau blasting pada titik lokasi yang dianggap sulit itu.
Pihak pelaksana berharap atas dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan pekerjaan bisa dilaksanakan dengan maksimal dan bisa selesai sesuai dengan waktunya serta segera dimanfaatkan oleh masyarakat .
Sementara itu, kepala satuan kerja (Kasatker) PJN wilayah I Sulawesi Tengah, Moh. Syukur ST, yang menangani pekerjaan kontrak multy years tersebut mengatakan, bahwa dengan melakukan blasting atau peledakan yang dilakukan oleh pelaksana atas lokasi lokasi yang dianggap sebagai hambatan, semoga pekerjaan pekerjaan selanjutnya bisa dikerjakan secara maksimal dan sesuai dengan perencanaan yang ada. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama