Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Genjot Infrastruktur Menuju Kabupaten Terdepan
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Parigi Moutong  Provinsi sulawesi Tengah di tahun anggaran 2017 ini  Memacu peningkatan infrastruktur pembangunan Jalan Dan Jembatan sesuai ruas ruas penanganan Jalan daerah setempat. Selain memacu pembangunan dibidang kebinamargaan, pihak dinas juga melakukan berbagai peningkatan infrastruktur dibidang cipta karya, bidang sumber daya air dan bidang tata ruang.

Pembebanan anggaran dari APBD Setempat, DAK dan WISMP 2017, itu didapatkan Atas alokasi pemerintah pusat ke daerah yang tujuan semata menjalankan program pembangunan nasional dalam peningkatan infrastruktur didaerah dengan leading Sektor kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia ( Kementerian PU PERA).
Menggenjot pembangunan infrastruktur di bidang bina marga meliputi pekerjaan pemeliharaan jalan serta pembangunan dan peningkatan jalan. Untuk tahun anggaran 2017 ini, pihak dinas melakukan beberapa pekerjaan yang dikontrakkan serta pekerjaan yang diswakelolakan.
Menangani plat deucker yang rusak juga sudah dibenahi, baik dalam pembuatan yang baru serta pemeliharaan. Seperti plat deucker di desa pinotu, desa sibatang, desa silampayang serta TPI moutong.
Selain itu, pihak dinas juga melakukan pembangunan jembatan baru, seperti jembatan purwosari dengan bentangan panjang 12 meter dan jembatan sritabaang dengan panjang 6 meter.
Pasangan talud juga dilakukan oleh pihak dinas,  seperti yang terlihat di desa masari, nambaru, tada timur, desa malino serta beberapa desa lainnya. Program peningkatan jalan juga dilakukan dalam merealisasikan pekerjaan fisiknya dilapangan, seperti melakukan peningkatan jalan desa siavu, jalan hi saenso, PLN, serta peningkatan jalan Sigenti – sigega, dan rehabilitasi jembatan sritabaang juga dilakukan.
Selain pekerjaan itu, pihak dinas juga mengerjkan beberapa pekerjaan yang diswakelolakan di bidang bina marga, mayoritas adalah, rehab jalan jalan daerah bolano tengah, bondoyong, lambunu timur, lobu, maesa, maninili, sidole, tindaki, toboli barat, sausu trans, tolele dan tomini.
Sedangkan infrastruktur yang dikerjakan di bidang cipta karya yakni pada bidang air bersih, drainase, PLP2P, dan PPI. Untuk air bersih, proyeknya adalah pembangunan jaringan pipa serta pengadaan alat alat mengenai air bersih. Dan dalam pekerjaan drainase,  beberapa titik yang tersebar di kabupaten parigi moutong dilakukan pembuatan drainase. Seperti pembuatan drainase  di lokasi masigi, desa tolai, kotaraya barat, palasa, salapae, kasimbar, bambalemo, petapa dan lebo.
Dan pada bidang PLP2P dilakukan pekerjaan peningkatan atau mematangkan lokasi yang akan di kerjakan.  Sedangkan pada bidang kerja infrastruktur lainnya seperti PPI, dilakukan pekerjaan lanjutan atas jenis pekerjaan trotoar dilokasi jalan pasar baru. Bukan hanya itu, pembangunan pagar pada RSUD Raja Tombolotutu juga dilakukan. Selain itu, pihak prooyek di dinas melakukan pekerjaan panjat dinding di lokasi alun alun kantor bupati.
Melakukan pembenahan infrastruktur di bidang Sumber Daya Air terus juga dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa lokasi lokasi jaringan irigasi yang dikerjakan.seperti rehabilitasi rigasi sidoan, irigasi pesona, irigasi palasa, irigasi bambalemo, irigasi moutong, irigasi sigenti, irigasi tomini kiri, irigasi bolanosau, irigasi ganonggol, dan irigasi korontua. Semuanya di lakukan oleh pihak ketiga (Dikontrakkan).
Bukan hanya melakukan rehabilitasi terhadap jaringan irigasi, pihak dinas juga melakukan pekerjaan penimbunan jalan Inspeksi, seperti yang terlihat pada pekerjaan penimbunan jalan inspeksi pada daerah irigasi sigenti, daerah irigasi Tindaki, dan daerah irigasi Sausu barat.
Untuk peningkatan infrastruktur bidang tata ruang pada anggaran tahun ini, dinas PU melakukan pembangunan RTH Toraranga, pembangunan lapangan basket tahap pertama. Selain itu di bangun juga fasilitas pendukung RTH alun alun. Kemudian melakukan pembangunan fasilitas pendukung RTH Bundaran. Membuat lapangan fitness outdoor, lapangan skateboard di RTH tahap pertama serta pembangunan pelataran RTH Toraranga. RB

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama