Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Pilkada Morowali Medan 'Pertempuran' Ketua Parpol
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Oleh : Agus Manggona



PALU - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sulteng  akan berlangsung pada 2018 mendatang,  namun aura panas pertempuran sudah mulai terasa. Setelah Pilgub Sulteng 2016  usai, para “combatant” terutama di dunia maya (cyber army) sudah mulai bertempur kembali. Medan tempur kedua, second front yang dipilih adalah Kabupaten Morowali.  Beberapa alasan mengapa Morowali menarik perhatian para combatant di dunia maya.
Pertama, hampir semua Balon Bupati yang akan bertarung adalah Ketua-ketua Partai Politik (Parpol).  Kedua, wilayah yang memiliki IPM tertinggi  setelah Kota Palu. Ketiga, wilayah swing voter. Keempat, daerah pertaruhan bagi Partai Demokrat Sulteng.
Para combatant di  Morowali juga banyak yang terlibat di Pilgub Sulteng baik yang  terjun langsung di medan “pertempuran” nyata maupun maya.
Yang paling memberi  perhatian adalah hadirnya nama Syarifudin Hafid Ketua DPC Partai Demokrat Morowali, Taslim Ketua DPD Partai Nasdem Morowali, H. Silahuddin Karim Ketua DPD II Partai Golkar Morowali serta H Ambo Dalle yang juga Ketua DPRD Morowali.  Kehadiran empat politisi dalam kontestasi politik di Kabupaten " Perto Dollar " ini  telah mengubah peta pertarungan Pilkada Morowali.

Di  kubu Syarifudin Hafid sejumlah figur dan tokoh  serta  anggota DPRD Morowali di  diketahui  terlibat langsung, guna melaksanakan titah sang Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng  H Anwar Hafid, MSi. Sebaliknya di kubu  Taslim  kesediaan anggota DPR-RI, Ahmad H Ali yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Sulteng akan  menjadi juru kampanye, juga menjadi amunisi yang cukup mematikan. Sementara H Silahuddin Karim selain akan mendapat dukungan dari organisasi sayap partai Golkar, AMPG dan AMPI,  dua politisi kawakan Partai Golkar  Sulteng H Arus Abdul Karim, Ketua DPD I Partai Golkar Silteng dan H Rusdy Mastura  bakal turun gunung guna  memberikan suntikan energi positif  dalam memenangkan kompetisi politik tersebut.   H. Ambo Dalle sendiri  selain akan didukung barisan partai yang akan mengusungnya, juga akan menggerakkan pemilih fanatiknya yang dikenal militan dan solid. 

Di dunia maya, para cyber army di sejumlah di 9  Kecamatan  serta 133 desa/kelurahan di Morowali, juga terlibat aktif dalam pertempuran. Gerilyawan dunia maya dari keempat kubu di Kecamatan seperti  di  Bungku Tengah,  Bungku Barat, Bungku Selatan, Bungku Pesisir,  Bumi Raya, Witaponda, Mamosalato serta Bahudopi membuat pertempuran dunia maya di Pilkada Morowali menjadi sangat seru.
Dalam konstelasi politik daerah,   Morowali salah wilayah terpenting dengan  jumlah penduduknya sebanyak 113.132 jiwa serta luas daerah  sebesar 3037,04 km².
Siapapun yang memenangkan pertempuran di  Morowali akan memenangkan pemilu legislatif di daerah pada 2019 mendatang.
Pada Pemilu 2014  lalu Partai Demokrat memperoleh suara terbanyak di Morowali. ****

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama