Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Sungai Palu Meluap, Kelurahan Baru Terendam
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu – Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barut Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (4/6) siang dilanda banjir akibat meluapnya air sungai Palu hingga merembes kepemukiman warga di sekitar bantaran sungai itu.

Ketua RT01/RW02 Kelurahan Baru, Mohammad Najib mengatakan, bahwa banjir yang menimpa kelurahan itu berasal dari meluapnya sungai Palu. Diaman, air tersebut mulai masuk sejak Minggu pagi, namun tigak begitu deras.
“Ya, kira-kira sekitar pukul 12.30 Wita air masuk dengan deras ke rumah warga, air sungai Palu masik kesini,” ujar, Najib dilokasi banjir.

Dari 100 KK yang berada di lingkungan RT01/RW01 semua rumah warga digeangi air, termasuk masjid di lingkungan itu.

“Di sini ada sekitar 90 rumah, semua terkena banjir. Tinggi air berfariasi, ada yang sampai dilutut ada juga sampai dibetis. Namu peristiwa ini tidak ada memakan korban jiwa,” katanya.
Sejak air masuk kerumah-rumah warga, Najib menyebut, warganya telah melakukan langkah antisipasi yakni dengan menyelamatkan barang-barang berharga mnereka dari rendaman air. Bahkan, ada sebagian warga mengevakuasi barang-barang kerumah kerabatnya.

Ia berharap agar pemerintah Kota setempat segera melakukan langkah-lahngkah cepat. sebab, warga tidak bisa memasak di dapur  untuk mempersiapkan buka puasa nanti, sebab kayu bakar, kompor terendam air.
Selain itu, warga juga meminta pemerintah menyediakan minimal posko pengungsian sementara untuk tempat beristirahant sementara, sebab, rumah warga saat ini tidak memungkinkan untuk ditempati.

“Setidaknya Pemerintah Kota Palu menyediakan posko pengungsian sementara, karena masih terendam air dan belum memunginkan ditempati khususnya ditempati untuk tidur,” tuturnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu pada Minggu pagi, sebelumnya telah mengerahkan tim melakukan pendataan di Keluragan Baru yang terkena dampak banjir.

“Tadi Pagi tim sudah melakukan pedataan di rumah-rumah warga. Kami juga telah mendirikan posko induk di Jalan Patimura,Maesa,” Kata Kepala BPBD Kota Palu, Presly Tampubolon, saat di hubungi. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama