Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Palu Tak Miliki Rehabilitasi Gepeng
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah hingga kini tak memiliki fasilitas gedung sebagai tempat penampungan dan rehabilitasi para pemngemis dan gelandangan (Gepeng).

Kepala Dinas Sosila Kota Palu, Nursalam mengatakan, bahwa memang kendala dihadapi pihaknya setalah melakukan razia tidak ada tempat penampungan bagi para pengemis dan gelandangan yang terjaring razia.
“Memang kita akui, kita belum memiliki gedung untuk tempat rehabilitasi para gelandangan,” akui Nursalm,Jumat (16/6).
Mantan Kadispora Palu ini menjelaskna, di bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri seperti saat ini, memang tak dapat dipungkiri pengemis mulai berdatangan di tempat-tempat yang menurut mereka bisa mendapatkan uang banyak.
Aktivitas minta-minta dilakukan orang tertentu saat ini mulai meluas dan sifatnya temporer, karena momen perayaan hari besar keagamaan.
Melihat fenomena itu, pemeintah melaui dinas sosial sebagai leading sekotr, tetap melakukan langkah-langkah persuasive dalam rangka upaya pembinaan.
“Kita tidak bisa pungkiri di momen-momen seperti ini, olehnya kami bekerja sama dengan bidang pemberdayaan dan pihak Polisi Pamong Praja untuk melakukan penertiban dan pembinaan kepada mereka agar tidak lagi melakukan hal serupa,”
“Idealnya pembinaan itu perlu di interfensi dengan pelatihan keterampilan kepada mereka. Dari pelatihan itu tercipta Kelompok usaha kreatif. Artinya apa? Ini upaya pemerintah memutus matarantai itu agar mereka memiliki pekerjaan. Saat ini mengemis seolah sudah menjadi mata pencaharian bagi orang-orang tertentu,” tutur Ketua PGRI Sulteng ini.
menurutnya, pemberdayaan masyarakat kurang mampu termasuk pengemis dan gelandangan perlu disinergikan dengan semua pihak termasuk masyarakat, meskipun lah ini lebih besar tanggung jawab negara. Dengan berbagai upaya dilakukan untuk menjamin kehidupan sosial yang lebih mapan, saat ini Pemerintah setempat belum mampu mewujudkan itu karena keterbatasan fasilitas.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama