Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Basarnas Bantu Tangani Bencana Di Sulteng
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu – Badan SAR Nasional (BASARNAS) melalui Kantor SAR Palu, Sulawesi Tengah saat ini telah menurunkan puluhan personilnya untuk membantu daerah di Provinsi itu yang tertimba bencana baik banjir maupun tanah longsor.


“Iya, puluhan personil Basarnas sudah di turnkan sejak Sabtu, (3/6) ke lokasi bencana,” Kata Kepala Pengelola Kegiatan dan Anggaran Kantor SAR Palu, Aggung Prihartanto di Palu saat di Konfirmasi, Selasa (6/6).
Puluhan personil yang dikerahkan itu masing masing  1 tim di berangkatkan ke Tolitoli, kemudian 1 tim ke Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong, dan dua tim Stenbay di Palu. Sementara, penanganan tanah longsor Kabupaten Luwuk di wilayah Bunta, tim dari Pos Sar luwuk langsung terjun kelokasi.
“Khusus Ampibabo, tim Basarnas diturunkan untuk mencari Nelayan hilang di perairan Parigi Moutong,” tambahnya.
Ia menjelaskan, wilayah Kerja Basarnas, Kantor SAR Palu mencakup seluruh wilayah yang ada di Sulawesi Tengah dengan tugas  pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi Search and Rescue (SAR).
Sehingga, dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang, atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan atau penerbangan, serta memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana serta musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan Internasional.
“Nah Basarnas Palu saat ini telah membentuk Pos SAR Luwuk Banggai untuk mempercepat Response Time, sehingga saat musibah terjadi di bagian timur Sulteng maka tim yang turun lebih awal adalah Pos SAR. Nah, longsor yang terjadi di Bunta pada Minggu (4/6) siang kemarin pergerakan tim dari Pos SAR Luwuk langsung kelokasi kejadian,” tutur Agung.
Sejauh ini, jelasnya,  personil Basarnas belum diturunkan untuk membantu penanganan korban pasca gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Poso pada pada Senin (29/5) malam lalu.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama