Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Perencanaan Matang Wujudkan Pemerintahan Berwibawa
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Musyawarah Perencana pembangunan (Musrembang) merupakan agenda tahunan pemerintah mulai dari Desa/Kekurahan, Kecamatan hingga tngkat Kabupaten/Kota bahkan Provinsi yang di laksanakan tidak lain yakni untuk merumuskan program kegiatan untuk memajukan wilayah maupun daerah. 

Perencanaan pembangunan, pun tak terlepas dari arah kebijakan kepala derah, sehingga Walikota Palu, Hidayat kepada seluruh perangkat daerah dalam melakukan perencanaan agar sesuai kebutuhan masyarakat dalam rangka mewujudkan pemerintahan berwibawa.
Walikota menegaskan, perencanaan kaili ini harus benar-benar memperhatiakn aspek-aspek prioritas pembangunan, agar pada saat realisasi tepat sasaran hal negatif.

"Olehnya, jika dalam perencanaan pembangunan megedepankan aspek prioritas yang transparan proposional dan ralistis, saya kira itu adalah pemerintahan berwibawa," terang Walikota, saat menyampaikan sambutannya di kegiatan Musrembang Kota Palu, Rabu (22/3).

Perencanaan, memang merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Sehingga, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mampu berakselerasi untuk mencapai tujuan Visi dan Misi Pemot Palu.

Pada perencanaan program dan kegiatan, Hidayat menyampaikan jangan kaku dan terpaku pada persoalan anggaran. Sebab menurutnya, jika pada tahapan itu tolak ukurnya adalah anggaran jelas program dan kegiatannya bisa jadi tidak terakomodir karena terbentur pembiayaan yang besar.

"Jangan berpikir anggaran, buat program dulu, dan program kegitan itu tentunya mencakup dan mengacu pada visi dan misi Pemkot," ujarnya.
Bersinggungan dengan itu, maka mengawal perencanaan ditingkat OPD, Walikota melibatkan beberapa unsur terkait diantaranya, Akademisi, praktisi, LSM, dan media yang saat ini telah menjadi Tim Pendamping (TP) Walikota.
"Tim pemdamping bertugas mengawal proses perencanaan program dan kegiatan sehingga ini dapat terarah dengan baik," jelasnya.

Olehnya, pada tahap finalisasi perencanaan program masing-masing OPD akan di evaluasi lewat asistensi Rencana Kerja Anggaran (RKA). WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama