Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Revitalisasi Bantaran Sungai,Pemkot Siapkan Kriteria
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Rencana revitalisasi kawasan bantaran sungai Palu untuk kepentingan ruang publik, olehnya Pemerintah Kota (Pemkot) Palu tahun ini tengah mengupayakan kesiapan kriteria pendukun penataan bantarabn sungai.
Dimana, revitalisasi bantaran sungai tersebut telah diagendakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mengacu pada Rencana strategi (Rensra) Nasional.
Kepala Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP) Kota Palu, Dharma Gunawan Mochtar mengemukakan, agenda yang dicanangkan oleh pemerintah pusat itu diperuntukan kepada 20 Kota di Indonesia. Namun, yang telah mendaftar ada enam Kota termasuk Kota Palu.
“Revitalisasi bantaran sungai sebenarnya insturksi pemerintah Pusat. Dari 20 Kota yang direncanakan, ada 6 Kota yamng sudah siap termasuk Kota Palu,” terang Dharma Gunawan, (23/1).
Olehnya saat ini, Pemkot Palu sedang mempersiapkan delapan kriteria pendukung revitalisasi, diantaranya kesiapan status lahan, kemudian Perda bangunan gedung beserta dokumen Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).
“Nah, kalau kita sudah siap maka tahun ini Kota Palu harus memiliki Perda tentang RTBL kawasan bantaran sungai maupun regulasi Rencana Detail Tata Ruang,” jelasnya.
Lanjut Dharma Gunawan, rencana revitalisasi kawasan pesisir sungai diperiode kepemimpinan Hidayat dan Sigit Purnomo Said yang tersisa empat tahun kedepan menjadi prioritas awal yakni kawasan bantaran Besusu Barat.
Dimana papar dia, Pekot Palu berencana menggunakan beberapa metode pendekatan revitalisasi, diantaranya yakni pendekatan konsolidasi atau relokasi. Namun hal itu, belum menjadi sesuatu hal yang baku.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama