Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Polsek Biromaru Tangkap Pencuri Sapi
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Biromaru berhasil menangkap dua pelaku pencurian sapi di Desa Ngatabaru Kabupaten Sigi pada Minggu (29/1). Kedua pelaku itu, disinyalir spesialis mutilasi hewan ternak sapi.


Kapolsek Biromaru, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Karel Pae, saat dikonfirmasi mengatakan, atas laporang warga setempat yang sering kali mengalami kehilangan hewan ternak, keduanya dibekuk sekitar pukul 02.00 Wita dini hari saat melakukan aksi kejahatannya. 
“Iya benar, kedua pelaku ini ditangkap pada saat sedang melakukan aksinya sekitar pukul 02.00 Wita dini hari di Desa Ngatabaru,” terang Karel, dari balik telepon genggamnya.
Dia juga menjelaskan, saat pihaknya melakukan penggerebekan, kedua pelaku mencoba melarikan diri, sehingga dengan terpaksa Polisi menghadiahi keduanya dengan timah panas dibagian betis. Dia menyebutkan, kedua pelaku masing-masing bernama Idham alias Idi (35) tahun warga Desa Pombeve Kecamatan Biromaru dan Azlumin alias Papa Sonya (50) tahun warga Desa Langaleso Kecamatan Dolo. 
Sementara, dua rekan Idham alias Idi dan Azlumin alias Papa Sonya berhasil meloloskan diri pada saat hendak ditangkap. Mesiki begitu, kedua pelaku berhasil kabur itu saat ini terus diburuh oleh tim Reskrim Polsek Biromaru.
Karel menuturkan, aksi kejahatan yang dijalankan pelaku tersebut telah memutilasi dua ekor sapi dari epmta ekor sapi yang berhasil mereka curi. Dua hewan ternak teresebut, ke empat kakinya telah dipisahkan dari tubuhnya.
Dari tangan pelaku, Polisi menyita barang bukti (Babuk) yakni, sebilah pisau digunakan untuk mutilasi dan empat paha sapi hasil pencurian.
Sementara dari pengakuan kedua pelaku, dua ekor sapi yang belum sempat termutilasi  (masih hidup) masih berada disekitar Desa Ngatabaru. Setelah dilakukan penelusuran, kedua sapi tersebut ditemuhkan dan kini masih diamankan pihak Polsek Biromaru. 
“Dua ekor sapi yang belum sepat dimutilasi pelaku kini sudah ditemukan dan diamankan di Polsek Biromaru untuk pengembangan selanjutnya,” ujar mantan Kapolsek Dampal Utara Kabupaten Tolitoli. 
Untuk pengembangan lebih lanjut, kedua pelaku saat ini diamankan di Polsek Biromaru. Salah satu pelaku yang tertangkap yakni Azlumin ungkap Karel, merupakan residivis dalam kasus yang sama dan pernah divonis Pengadilan Negeri Donggala selama 1,5 tahun penjara.
Dirinya, mengaku pihak Polsek Biromaru akan terus mengembangkan kasus tersebut. Pasalnya, aksi pencurian sapi makin marak dan meresahkan para peternak, baik di wilayah Sigi, Palu maupun Donggala.
“Kami belum bisa simpulkan, apakah mereka-mereka ini yang juga beraksi diwilayah Palu dan Donggala. Saat ini kasusnya kami masih perdalam,” paparnya.
Olehnya, Karel menghimbau, agar pemilik ternak sapi lebih berhati-hati, bila perlu ternak-ternak tersebut dibuatkan kandang. Meski pelaku mitilasi sudah tertangkap, namun tidak menutup kemungkinan ada komplotan-komplotan lain menjalankan aksi serupa.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama