Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Polemik Tambang Poboya
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Polemik tambang emas ilegal Poboya saat ini masih terus bergulir. Dari berbagai informasi yang ditemukan, bahwa aktivitas tambang ilegal itu makin hari, makin menjadi. Saat di Konfirmasi, Camat Mantikulore, Abdul Arief menyatakan, bahwa dirinya belum mendapa informasi tersebut.


“Saya belum terima informasinya le. Biasanya pihak Kelurahan yang memberikan informasi kekami, tapi ini tidak ada,” kata Arief dari sambungan teleponnya, Rabu (25/1).
Karena informasi menyangkut aktivitas tambang ilegal di Kelurahan Poboya yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan yang tidak mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP) itu belum sampai kepihaknya, maka Arief menyatakan, akan menelusuri langsung hal tersebut ke Pemrintah Kelurahan setempat.
“Saya baru dengar kabar itu. Nanti saya coba tanyakan ke pemerintah Kelurahan Poboya dulu,” sambung Arif.
Aktivitas eksploitasi material di kawasan pegunungan Poboya oleh sejumlah oknum perusahaan ilegal nampaknya ‘main kucing-kucingan’, dan disinyalir ada oknum-oknum tertentu mengawal aktivitas tersebut. Bahkan aktivitas lainnya, seperti perendaman menggunakan cairan sianida maupun mercure terjadi di kawasan itu.
Artinya, dampak pencemaran lingkungan sudah semakin jelas. Dan hal ini, sangat berbahaya dan mengancam keselamatan warga Poboya, dan Kota Palu secara umum, maupun keberlangsungan ekosistem.
Dari informasi yang dihimpun media ini, bahwa Pemerintah Setempat bahkan tidak mengetahui informasi adanya aktivitas tambang Ilegal tersebut. Setelah ditelusuri, rupanya ada sangkut pautnya dengan ketua Lembaga Adat Poboya.
sementara, Beberapa waktu lalu, Ketua Adat Poboya telah diperiksa oleh pihak Kepolisian Resort (Polres) Palu dan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi tengah, menyangkut polemik tambang emas ilegal Poboya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama