Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Kontrakan Wawali, Dekot Harus Sikapi Dari Awal
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Anleg Palu Minta Jangan Bayarkan

PALU - Salah satu Angota Legislatif (Anleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palu meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palu agar tidak membayar kontrakan milik wakil Walikota, Sigit Purnomo Alias Pasha, dikompleks perumahan elit Citra Land.

Anggota Komisi B bidang ekonomi DPRD Kota Palu, Ridwan H Basatu mengatakan, rumah kontrakan milik Sigit Purnomo yang berada di kompleks perumahan elit Citra Land tidak boleh di bebankan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu.

“Kami minta pembayaran kontrakan wakil Walikota di perumahan Citra Land perlu dipertimbangkan oleh Pemerintah Kota Palu,” kata Ridwan, Rabu (11/1).

Politisi asal Partai Hanura itu membeberkan, pembayaran rumah kontrakan Wawali Palu itu terungkap saat sesudah menggelar rapat asistensi anggaran perubahan APBD Kota Palu tahun 2016.

Papar dia, saat rapat asistensi bersama komisi B pihak Bagian Umum dan rumah tangga Sekretariat daerah (Setda) Kota Palu enggan mengakui ada sebagian APBD digunakan membayar kontrakan milik Pasha.

“Ini pengakuan salah satu pegawai di bagian umum Setda Kota Palu. Usai rapat mereka mengaku bahwa ada APBD digunakan untuk membayar kontarkan wakil Walikota lewat APBD perubahan,” urai Ridwan.

Dia juga menilai, bahwa Bagian umum Setda Kota Palu sudah membohongi pihaknya, dengan tidak mengakui hal tersebut.
“Kami sudah dibohongi Bagian umum dan rumah tangga Setda Kota Palu. Kenapa awalnya tidak mau mengaku, nanti selesai forum baru di beberkan, ada apa ini,” ujarnya.

Terpisah, saat Kepala Bagian (Kabag) Umum dan rumah tangga Setda Kota Palu, Layla Husain, dihubungi menyatakan, bahwa pembayaran rumah kontrakan wakil Wallikota tidak dimasukan dalam APBD. "Pembayaran Kontrakan wakil Walikota tidak teranggarkan di APBD,” singkatnya.

Wakil Walikota, Sigit Purnomo sangat menyesalkan informasi yang beredar terkait sewa menyewa kontrakan yang ditinggalinya di kompleks perumahan Citra Land Kelurahan Tondo. Kata dia, harusnya Dewan Kota menyikapi hal ini sejal awal.

Menrut Pasha, sapaan akrabnya, informasi yang beredar itu keliru, sebab dinilai  tidak berdasarakan data dan fakta yang sebenarnya.

Dimana lanjut dia, sebagai Kepala Daerah yang menjalankan tugas sebagai wakil Walikota dirinya difasi rumah jabatan (Rujab). Namun saat itu, Rujab sedang ditempati Dinas Pertanian Kota Palu, maka Pasha untuk sementara waktu tinggal di rumah kontrakan berada di kompleks Citra Land.

“Ini informasi ngaco, kontrakan apa sebesar Rp 1 miliar, ini tidak sesuai data dan fakat sebenarnya, datanya dari mana,” kata Sigit Purnomo, dari balik gagang teleponnya.

Tutur Sigit, pasca dirinya dilantik menjadi wakil Walikota memang tidak ada dianggarkan dalam APBD Kota Palu, sebab saat itu anggaran masih dibahas pemerntahan sebelumnya, sehingga langkah yang diambil Pemkot Palu adalah ngontrak, sebab Pasha tidak memiliki rumah di Palu.

Olehnya dia mengatakan, jika ada kekelitruan terjadi, mengapa hal ini tidak dikomunikasikan sejak awal. Lebih jauh dirinya menjelaskan, pemerintah wajib menyediakan Rujab bagi pejabat Negara maupun daerah, dan Rujab juga wajib digunakan sebagai mana mestinya.

“Tidak perlu ini dibesar besarkan, karena memang pemerintah wajib menyediakan rumah sabatan bagi pejabat Negara ataupun pejabat daerah,” ujarnya.
Papar sigit, kontrakan rumah di Citra Land yang ditempatinya itu sebesar Rp 60 juta perbulan, dengan masa kontrak selama enam bulan, dimana pembayarannya tidak melalui APBD, melainkan uang pribadinya.

“Kalaupun ada pembayaran menggunakan APBD tahun lalu, itu hanya untuk fasilitas kelengkapan dalam rumah, seperti televisi, lemari dan alat kelengkapan rumah tangga lainnya yang nilainya tidak sampai Rp.50 juta, dan barang barang itu sudah di kembalikan kerumah jabatan di jalan balai Kota,” tutup Pasha. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama