Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Dukcapil belum Terima Informasi Blangko E-KTP
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Hingga kini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu belum menerima informasi distribusi blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dari pemerintah pusat. Karena belum ada blangko e-KTP, akibatnyua daftar tunggu pencetakan semakin menumpuk.


Kadisdukcapil Kota Palu, Burhan Toampo menjelaskan, dirinya belum mengetahui pasti kapan pemerintah pusat akan mengirim blangko tersebut. Papar dia, harusnya blangko e-KTP itu disalurkan pada Januari ini.
“Sampai sekarang belum ada informasi kami terima. Keputusan pemerintah pusat saat itu distribusi blangko e-KTP Januari 2017, tapi saat ini progresnya juga belum ada. Dan kekosongan blangko e_KTP ini terjadi disemua daerah di Indonesia,” terang Burhan , Kamis (12/1).
Dirinya mengaku, karena lambat distribusi blangko, berdampak pada penumpukan daftar tunggu cetak wajib KTP. Sebelumnya, tutur Burhan, distribusi blangko e-KTP harusnya sudah dilakukan sejak November 2016 lalu.
Namun karena ada permasalahan pada proses tender di Jakarta, maka pemerintah pusat memutuskan distribusi blangko e-KTP dilakukan pada Januari 2017.
“Awalnya distribusi blangko e-KTP itu disalurkan November, namun karena ada masalah di pusat sehingga diundur pada Januari tahun ini, tapi sampai sekarang juga kami belum menerima informasi lebih lanjut dari Jakarta,” ujar Burhan.
Dirinya mengatakan, pencetakan e-KTP dari sisa blangko yang ada pada 2016 lalu, diprioritaskan bagi wajib KTP pemula dan mereka yang pindah ke Kota Palu, dimana saat itu, blangko tersisa kurang lebih 300 lembar.
Khusus wajib KTP pindahan, pihaknya wajib menarik kartu identitas kependudukan yang bersangkutan, dengan alasan agar KTP tidk dobol. Untuk mengantisipasi kekosongan balngko, pemerintah telah menyiapkan KTP sementara dengan masa berlaku enam bulan sejak dikeluarkan.
“Memang kita prioritaskan wajib KTP pemula dan warga pindahan ke Kota Palu. Meski begitu kita juga tetap akomodir warga yang mengurus KTP hilang maupun perbaikan data,” pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama