Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » Dekot Palu Setuju HGB Tak Diperpanjang
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Palu menyetujui langkah Walikota Palu, Hidayat untuk tidak lagi memperpanjang Hak Guna Bangunan (HGB) yang digunakan oleh pihak investor dalam menjalankan investasi di Kota Palu.
“Secara lisan setelah Walikota melakukan pertemuan bersama pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang mengatakan bahwa HGB di Kota Palu tidak akan diperpanjang lagi. Kemungkinan tahun ini wacana itu berlaku, dan DPRD Kota Palu setuju atas wacana tersebut,” terang Ketua DPRD Kota Palu, Ikbal A Maga, Baru-baru ini.
Iqbal mengatakan, langkah yang diambil Walikota Palu sudah tepat untuk tidak lagi memperpanjang HGB yang dikelolah oleh pihak ketiga. Pasalnya, sejumlah HGB yang dikelolah oleh pihak perusahaan sepertinya tidak ada progres.
Bahkan, HGB yang sudah berumur puluhan tahun pun tidak dimanfaatkan secara maksimal. Alhasil, sejumlah lahan menjadi terlantar. Kemudian, dari sisi pemanfaatn tidak tergambar secara gamlang, dan hal iu dinilai mubazir.
Dirinya membeberkan, pemerintah jangan tersandera dengan kepentingan HGB yang dlakukan oleh pihak perusaan. 
“Kita jangan tersandera dengan kepentingan HGB itu. Sampai saat ini sejumlah HGB yang sudah diterbikan belum ada dilakukan pemanfaatan secara maksimal,” ujarnya.
Rencana tak ada perpanjangan HGB tersebut oleh pemerintah setempat, patut juga melibatkan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai lembaga yang berkompeten dibidang pertanahan, dalam rangka menginfentarisir lahan-lahan yang dikelolah oleh pihak perusahaan tertentu.
Disamping itu, sebagai penyelenggara administrasi pertanahan, BPN Palu tentu memiliki data-data ril terkait jumlah serta luas lahan yang dikelolah oleh pihak perusahaan.WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama