Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Tingkat kekerasan Terhadap Anak Membaik
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kondisi kekerasan terahap anak di Kota Palu mulai membaik dan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Kondisi itu, karena adanya penanggulangan yang melibatkan berbagai pihak. Pemerintah Kota (Pemkot) Palu memalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB) mencatat, sejak 2014 hingga 2016 ini, angka kasus kekerasan terhadap anak turun secara drastis.

Tercatat, tahun 2014 lalu, jumlah kasus kekerasan terhadap anak mencapai 110 meliputi anak sebagai korban 89 kasus dan anak sebagai tersangka 21 kasus. Sementara, jumlah anak atau korban kekerasan yang mendapat layanan kesehatan sebanyak 89 orang.
Sedangan korban yang mendapat layanan rehabilitasi 21 orang, dan korban mendapat layanan bantuan hukum 21 orang, yang telah ditangani secara berkesinambungan oleh pemerhati anak dan pemerintah Kota Palu untuk pelayanan lainnya.
"Jumlah asus kekerasan terhadap anak di Kota Palu menurun pesat. Karena ada keterlibatan beberapa pihak didalamnnya kondisi ini mulai membaik, olehnya kita terus berupaya menekan angka tersebut," jelas Kepala BPP-KB Kota Palu, Irmayanti Petalolo, Senin (21/11).
      
Lanjut Irmayabti, tahun 2015 kekerasan terhadap anak mencapai 132 kasus, kemudian anak sebagai korban 93 kasus dan 39 kasus anak tersangka dalam berbagai kasus kekerasan yang dilakukan oleh berbagai oknum dalam internal keluarga dan eksternal keluarga.
Dari sekian kasus kekerasan terjadi pada anak beber Irmayanti, didominasi kekerasan secara fisik sehingga tak jarang mendapat perawatan medis, serta pemulihan mental karena tekanan batin.
     
"Sebanyak 97 kasus kekerasan terhadap anak terhitung  sejak Januari hingga Okober 2016 terdiri dari anak sebagai korban sebanyak 69 kasus dan anak sebagai tersangka 28 kasus. Korban yang mendapat layanan kesehatan 69 orang, rehabilitasi 28 orang dan bantuan hukum 97 orang," pungkasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama