Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Infrastruktur di Duyu Serap 10 Miliard
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU – Peningkatan sarana dan prasana infrastruktur dasar yakni jalan, tempat pelayanan kesehatan, dan air bersih di Kelurahan Duyu kecamatan Tatanga meneyapanggaran kurang lebih Rp 10 miliar, yang sumberanggarannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu.

Lurah Duyu, M Majid BA, menjelaskan, peningkatan infrastruktur di Kelurahan dipimpinnya itu merupakan program prioritas. Dimana, untuk sarana air bersih dan jalan dikerja menggunakan anggaran tahun 2016.
Diuraikannya, dari Rp 10 miliar itu, Rp 5 miliar digunakan untuk pembangunan gedung Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesma) sangurara tipe  D yang berlaintai dua, sekaligus pembangunan perumaan dinas puskesmas empat unit yang saat ini pengerjaannya sudah hamper 80 persen. 
Anggaran Rp 5 miliar tersebut,dibagi dua. Rp 3,5 miliar untuk pembangunan gedung puskesmas, sisanya pembangunan perumahan dinas yang masing masingnya menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 332 juta perunitnya. Pembangunan geedung puskesmas dan perumahan dinasi di kerjakan dua kontraktor.
“jadi, semuanya Rp 5 miliar, pembangunan gedung puskesmas dan perumahan dinas puskesmas sangurara sebanyak empat unit melalui Dinas kesehatan Kota Palu dengan sumber anggaran APBN,” jelas Majid, Senin (28/11).
Selain pembangunan gedung puskesmas lanjut dia, peningkatan infrastruktur jalan Tagari Lonjo ,menelan anggaran Rp 1 miliar, kemudian peningkatan jalan keramik  dengan panjang kurang lebih 2,2 kilo meter menghabiskan anggaran Rp 2,9 miliar.
Sementara, pengembangan sarana air bersih mulai dari pembangunan imtek hingga pembuatan reservon atau bak penampung air dengan tinggi 2 meter lebih serta pemasangan pipa maupun sambunag rumah, menghabiskan anggaran 3 miliar yang kemudian pengembangan air bersih itu akan disalurkan kepada warga Kelurahan Duyu.
Diakuinya, sebagian wilayah kelurahan Duyu sulit mendapat air bersih. Sehingga, pengembangan sarana air bersih menjadi hal yang sangat urgen sebagai konsumsi masyarakat tiap harinya.
“Memang sebagian wilayah Duyu itu sulit mendapat sumber mata air, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kami kembangkan yang sumberairnya itu diambil dari sungai Subelewara. Pengembangan air bersih itu melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Penyaluran air bersih ini khusus untuk warga duyu yang penduduknya mencapai Sembilan ribu jiwa lebih,” tuturnya.  WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama