Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Gubernur Respon Pembangunan Gedung IAIN II
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Rencana pembanguna kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi akhirnya disahuti dan direspon positif Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Pembangunan fisik yang direncanakan pada tahun anggaran 2017 mendatang itu, bertujuang untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam di Sulteng.

Dalam pertemuan bersama pihak IAIN Palu, Kamis (10/11) diruang kerjanya, Gubernur Longki, memberikan apresiasi, bahkan Longki juga mengeluarkan rekomendasi sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan kampus II perguruan tinggi Islam tersebut.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin membantu pembangunan kampus II IAIN di Kabupaten Sigi. Sehingga hal ini diharapkan bisa terwujud pada tahun 2017 mendatang," terang Longki.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kata Longki, tidak hanya mendukung pembangunan fisik kampus tersebut, melainkan turut serta bersedia untuk membantu kelancaranpengembangan IAIN II di kabupaten Sigi. Pada rencana itu, pembangunan kampus II perguruan tinggi Islam negeri itu dibiayai lewat Islamic Development Bank (IDB) senilai Rp 600 miliar.
   
"Saat ini memang IAIN Palu telah mengalami peningkatan yang sangat siginifikan, mulai dari bertambahnya infastruktur gedung perkuliahan yang megah, ketersediaan sarana pendukung, serta kualitas dosen dan bertambahnya jumlah mahasiswa," ujarnya.

Meski saat ini IAIN berkedudukan di Kecamatan Palu Barat mengalami keterbatasan lahan tambah Longki, namun semangat sivitas akademik perguruan tinggi itu dalam mengembangkan serta memajukan pendidikan islam tetap tinggi.
   
Melihat situasi itu, Pemprov Sulteng akan memberikan bantuan secara bertahap kepada IAIN Palu. Hal itu, karena banyaknya kebutuhan daerah yang harus diperhatikan seperti ketersediaan infastruktur dan lainnya yang menjadi prioritas daerah.

Sementara, Rektor IAIN Palu, Zainal Abidin mengemukakan, pada tahun 2117 mendatang IAIN Palu akan memulai pembangunan kampus dua, ditandai dengan peletakan batu pertama dengan luas lahan kurang lebih 50 hektar.

Dikatakannya, pembangunan kampus II akan dibiayai langsung oleh APBN melalui dua sumber,yang pertama lewat Islamic Development Bank (IDB) senilai Rp 600 miliar, kemudian kedua berasal dari Surat Berharga Syariat Negara (SBSN) senilai Rp 35 miliar.

"Jadi ada dua sumber anggaran yang kesemuanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Insya Allah pembangunanya di mulai tahun depan," jelas Zainal Abidin.

Dirinya mengatakan, dukungan Pemprov Sukteng terhadap pembangunan kampus II itu dibuktikan dengan surat rekomendasi Gubernur nomor: 450/55/Ro.Adm.Kesramas/2016. WN
   

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama