Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Sosialisasi PERDA NO 2 2016
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

Palu - Demam Berdarah Dengue adalah penyakit dengan gejala demam yang sering desertai pendarahan dan renjatan yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue. Pada manusia virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegepti.


 Gejala awal penyakit ini adalah demam mendadak dua sampai tujuh hari yang disertai gejala lain seperti lesu,nafsu makan berkurang,mentah meupun nyeri pada sendi,kepala dan perut. Pada hari kedua dan ketiga demam dapat timbul pandarahan baik yang ringan (pendarahan di bawah kulit,mimisan, dan gusi) maupun yang berat (muntah darah dan berak).

Gambaran ini disampaikan dr Royke Abraham saat membuka kegiatan sosialisasi peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang penanggulangan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kegiatan yang dilaksanakan belum lama ini di restoran RM Darisa, dilaksanakan olehbidang Promkes Dinkes Kota Palu diikuti kader kesehatan dan perawat dari sejumlah puskes se Kota Palu.

Lebih jauh dikatakannya bahwa pencegahan demam berdarah dengue, dapat dilakukan dengan memberantas sarang nyamuk Aedes yakni dengan jalan pengasapan dan melenyapkan tampat biaknya. Hal ini dilakukan agar nyamuk tidak mendapat kesempatan untuk berkembang biak.

Cara lain adalah dengan menerapkan 3M yakni menguras bak mandi dan tempat penampungan air sekurang-kurangnya satu minggu sekali,menutup rapat tempat penampungan air,membersihkan halaman dengan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menampung air hujan (kaleng,botol,dll). Disamping itu, pencegahan dapat pula dilakukan dengan sering mengganti air vas bunga dan tempat minum burung (bila ada). Bila tempat penampungan air tidak mungkin dibersihkan setiap saat, tuangkan larvasida (obat pembunuh jentik nyamuk) kedalamnya.
"Menjadi harapan agar supaya masyarakat harus sadar jangan membuang sampah disembarangan tempat. Jagalah lingkungan disekitarnya kita tetap bersih agar supaya kelihatan aman dan nyaman sesuai dengan semangat dari Perda no 2 tahun 2016,"katanya.(yusuf)

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama