Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Pemkot Palu Akan Gelar Upacara Sumpah Pemuda
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Pemudah dan Olahraga (Dispora) akan melaksanakan acara puncak upacara peringatan Hari Sumpa Pemuda pada Jum'at 28 Oktober mendatang.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kota Palu Karsina Tolaba menyatakan, dalam peringatan HSP nanti akan di isi sejumlah kegiatan kepemudaan dari berbagai unsur Organisasi kepemudaan (OKP) di Kota Palu.

"Ada kegiatan kegiatan komunitas dari OKP yang ikut bergabung mengikuti kegiatan pameran kuliner pada hari puncaknya nanti. Selain itu, ada juga kegiatan pendukung seperti olahraga yang penyerahan hadiahnya diberikan usai upacara peringatan hari sumpah pemuda," terang Karsina usai rapat final cek persiapan peringatan puncak HSP, Selasa (25/10).

Bukan hanya itu, ungkap Karsina, kegiatan lain pun akan diisi dengan tari tarian nusantara dan parade bhineka tunggal ika yang di ikuti kurang lebih 34 provinsi diperankan oleh sejumlah siswa SMA asal Kota Palu.

"Jadi nanti ada 34 pasang yang ikut parade bhineka tunggal ika sesuai jumlah Provinsi yang ada di Indonesia. Pesertanya itu diambil dari siswa siswi SMA," ujarnya.

Dijelaskannya, sumpah pemuda yakni salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar ini paparnya, dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia yang putuskan dalam keputusan kongres pemuda kedua diselenggarakan dua hari pada 27 hingga 28 oktober 1928 di Batavia.

"Disinliah peran kepemudaan, sehingga melalui kirar yang diucapkan sebagai tanda bahwa pemuda mampu meperjuangkan kemerdekaan Indonesai saat itu. Kalau dibandingkan dengan saat ini apa peran pemuda? Ya salah satunya tentu turut serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Disamping itu, kegiatan kepemudaan lainnya yang mengisi acara puncak HSP akan ditangani oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palu. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama