Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » Pasar Lere Bukan Tupoksi Perindagkop
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Pengelolaan pasar ikan yang dibangun di Kelurahan Lere Kecamatan Palu Barat bukan menjadi tupoksi atau kewenangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop), melainkan pengelolaannya melekat pada Dinas Pertanian Perikanan Kelautan dan Kehutanan Kota Palu.

"Iya, itu bukan kewenangan kami, pengelolaannya ada pada Dinas Pertanian Perikanan Kelautan dan Kehutanan Kota Palu," terang Plt Disperindakop Kota Palu, Presly Tampubolon, Jum'at (21/10).

Dirinya mengatakan, karena pasar tersebut difungsikan sebagai tempat bokar muat ikan, maka kewenangan pengelolaannya tidak melekat pada Instansi yang dipimpinnya.

Presly mengaku, setelah berdirinya pasar tersebut, pihak pedagang sudah memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Pemerintah, namun hal itu belum berfungsi secara maksimal. Meski begitu lanjut Presly, dirinya tidak bisa berkomentar banyak mengenai aktivitas pasar tersebut.

Dikemukakannya, Disperindakop hanya sebatas menangani  pemindahan bongkar muat ikan dari pasar tersebut ketempat lain. Namun, keweng secara utuh ada pada Dinas terkait, meskipun papar dia, 'judulnya pasar'.

"Kami hanya menangani pemindahan bongkar muat saja, namun untuk kewenangan secara keseluruhan itu bukan tupoksi kami. Namun kamu juga sudah berkoordinasi dengan Dinas terkait" tandasnya.

Diketahui, pasar ikan di Kelurahan Lere itu, belum berfunsi secara maksimal. Dimana, aktivitas bongkar muat terjadi hanya di Pagi hari mulai pukul 05.30 hingga 07.30 Wita. Setelah aktivitas bongkar muat selesai pasar ikan tersebut kembali sunyi.

Padahal, bangunan yang dibangun menggunakan Anggara Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk kepentingan jual beli itu memiliki sarana dan prasarana memadai. 

Bahkan, menurut pengakuan warga setempat, fasilitas pasar hanya rusak begitu saja dan sudah beberapa kali dilakuan perbaikan, termasuk WC dan kaca bangunan. Nampak, dinding bangunan pun penuh coretan. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama