Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Indonesia Nikmati Bonus Demografi 2020
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU- Dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 sampai 2035 Indonesia akan menikmati suatu era yang langka disebut dengan bonus demografi.

"Secara kuantitas, angka 24,5% ini cukup besar ditambah. Berdasarkan data demografi, Indonesia menyebutkan bahwa jumlah penduduk di Negara ini sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dengan usia antara 16 hingga 30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 2 152 juta orang," jelas Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu Arfan saat membaca sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga pada upacara peringatan hari sumpah pemuda, Jum'at (28/10).

Jumlah usia produktif Indonesia, papar Arfan, diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Bonus demografi itu, menjadi sangat strategis bagi seluruh negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan.

"Setiap 100 penduduk Indonesia terdapat 64 orang yang berusia produktif sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia," katanya.

Olehnya, sebut Arfan, Bung Karno sebagai seorang pendiri bangsa ini pada masanya tidak perlu membutuhkan bonus demografi, akan tetapi pernyataan bung Karno saat itu beri aku 10 pemuda pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia.

"Apa maksud bung Karno berkata seperti itu? Tentu Presiden RI pertama itu tidak muluk muluk membangun Indonesia menyaingi negara maju. Sehingga, hal ini perlu dilanjutkan demi menuju bangsa yang bermartabat," ungkapnya.

Selama ini pemudah indonesia papar Arfan, sudah bayak mengharumkan nama Indonesia ditingkat Internasional. Salah satu prestasi itu yakni, pada penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan di Rio De Jeneiro Brazil beberapa waktu lalu, Indonesia berhasil menyabet sejumlah medali emas. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama