Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Satgas K5 Lanjutkan Program PLP-BK
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Walikota Palu meresmikan Program PLP-BK di kelurahan Taipa kecamatan Tawaeli.
PALU - Usai di resmikannya pembangunan infrastruktur melalui program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) yang bersumber dari APBN di Kelurahan Taipa Kecamatan Palu utara, Kamis (15/9), maka Wali Kota Palu, mengistruksikan melalui satgas Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamana dan Kenyamanan (K5) yang sebentar lagi akan beraktivitas agar melanjutkan program PLP-BK.

"Kita dorong agar satgas K5 melanjutkan program PLP-BK untuk membangkitkan serta menggali partisipasi masyarakat untuk senantiasa menjaga Kebersihan, Keindahan, Ketentraman, Kemanan, dan Kenyamanan di wilayah masing masing," bebernya.

DI mana aksi K5 lima ini berkedudukan di wilayah masing masing Kelurahan di Kota Palu. Pencanangan program K5 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) bekerjasama dengan unsur TNI dan Polri. Wali Kota Hidayat mengemukakan, dengan hadirnya satgas K5 ini, sebagai salah satu misi Pemkot dapat mendorong dan menjaga serta merawat hasil program tersebut.

Hidayat mengatakan, Program Pemkot Palu melalui aksi K5 ini tentu sejalan dengan program Pemerintah Pusat. Olehnya, melalui K5 merupakan kegiatan pendukung program PLP-BK. dimana, Satgas K5 itu sendiri juga berbasis masyarakat.

"Pemerintah Kota Palu dalam mendukung kegiatan PLP-BK membentuk satgas K5 diperkuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding bersama Dandim 132 Donggala dan Kapolres Palu. Jadi satgas K5 ini bertugas melakukan penataan lingkungan berbasis masyarakat yang di ketuai Lurah di masing masing wilayahnya," papar Hidayat.

Substansi pembentukan K5 oleh Pemkot Palu urai dia, sesungguhnya menumbuh kembangkan kembali semangat gotong royong, semangat persaudaraan antar sesama masyarakat. Sebab menurutnya, akhir akhir ini semangat kebersamaan itu mulai memudar di tengah masyarakat.

"Tujuan aksi ini yakni mengeratkan kembali rasa tolong menolong, semangat kebersamaan melalui pendekatan budaya yang tertuang dalam visi dan misi Pemerintah Kota Palu," ujarnya.

Hidayat menceritakan, meski K5 ini baru menjadi program tahun 2017 mendatang, namun sejumlah wilayah di Kota Palu sudah mulai melaksanakan aksi tersebut, dengan melibatkan langsung Babinsa, Babinmas serta Camat dan Lurah di wilayah masing masing.

"Nah, artinya program ini di respon cepat oleh Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan untuk di galakan. Saya sudah liat di media sosial kegiatan K5 sudah mulai di laksanakan dengan melibatkan masyarakat," tuturnya.

Selain aksi K5, Pemkot Palu juga mencanangkan program dengan slogan masintuvu kita maroso dalam arti bersatu kita kuat. Dimana, program tersebut di arahkan pembinaan lembaga kepemudaan di tingkat kelurahan, seperti karang taruna, risma dan organisasi organisasi kepemudaan lainnya.

"Program ini juga akan kita dorong di tahun depan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan generasi yang lebih peka terhadap kondisi sosial masyarakat," tutupnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama