Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Ribuan Pengunjung Dipastikan Hadiri FPPN
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Sebagai rangkaian memeriahkan Hut Kota Palu ke-38 yang jatuh pada tanggal 27 September ini, kini perhelatan akbar Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) nanti di pastikan akan di banjiri ribuan pengunjung.

Olehnya, Pemerintah kota (Pemkot) Palu melalui Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif, saat ini telah bekerja keras serta menyiapkan segala seuatunya, mulai dari property hingga setingan puncak acara nanti.

"Kami menargetkan bahwa pada saat pembukaan malam pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni yang akan mulai di gelar pada 24 hingga 26 september nantiakan di banjiri oleh pengunjung," kata Sekretaris Dinas (Sekdis) Pariwisata Kota Palu Akram, Kamis (8/9).

Hal itu beber Akram, dapat dibuktikan dengan adanya pengakuan sejumlah Travel atau biro perjalanan yang menyatakan bahwa mereka banyak mendatangkan tamu dari luar Sulawesi Tengah (Sulteng) pada acara itu.

Bahkan lanjut Akram, bukan hanya tamu dari luar Sulawesi dan warga Kota Palu saja yang memadati lokasi FPPN, tetapi tamu mancanegara pun turut hadir dan menyaksikan langsung kegiatan akbar tersebut. Bahkan sejumlah daerah pun, salah satunya Provinsi Bali turut serta menampilkan pertunjukan seni khas daerahnya.

"Provinsi Bali siap menampilkan tariannya di kegiatan Festival Pesona Palu Nomoni. Nah itu artinya, daerah lain merespon positif kegiatan ini. Sebab kegiatan ini lebih menonjolkan pertunjukan seni budaya," jelas Akram.

Lebih jauh dirinya memaparkan, hal lain yang menyebakan membludaknya pengunjung pada malam pembukaan itu, yakni akan ada pertunjukan seni tari dari berbagai etnis yang ada di Indonesia bahkan, etnis budaya china seperti barongsai juga turut berpartisipasi.

"Selain pertunjukan seni asal Sulawesi tengah khususnya Kota Palu, juga akan di isi pertunjukan seni dari berbagai etnis di Indonesia, termasuk pertunjukan barongsai etnis China," sebutnya.

Terlepas dari pertunjukan seni, pada malam pembukaan FPPN nanti, Pemkot Palu akan melanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah daerah yang menjalin kerjasama dengan Kota Palu.

Akram menambahkan bahwa pada malam pembukaan FPPN, yang dibuka langsung oleh Menteri pariwisata kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Setelah itu, akan ada lontaran kembang api di susul dengan berbunyinya lalove serta ditabuhnya gendang ( Gimba) yang akan di lakukan di 520 titik yang telah disediakan.
"Sepanjang 7,2 kilo meter teluk Palu, semuanya di isi oleh peniup lalove dan penabuh gendang atau gimba. Selain kegiatan malam hari, kita juga menggelar kegiatan pendukung seperti lari marathon, kemudian lomba renang melintas teluk Palu, lomba Perahu layar, lomba perahu tanpa awak, yang kesemua itu akan di pusatkan di anjungan Nusantara," urainya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama