Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SULAWESI

EDUKASI

» » » » Peserta Opak Iain Membludak
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama


Ribuan mahasiswa baru memadati gedung auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, saat mengikuti pembekalan sebelum pelaksanaan Opak. Foto: Duan

PALU - Mahasiswa baru sebagi peserta Orientasi Pengenalan Kampus (Opak) tahun 2016 di lingkup Institut Agama Islam Negeri (IAIN), membludak. Dari target 1.000 mahasiswa yang ditetapkan pihak sivitas akademik, ternyata melebihi dari angka tersebut.
Dibanding tahun sebelumnya, dari 885 mahasiswa yang mendaftar Opak, hanya sekitar 850 mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut, sehingga sisa dari 850 mahasiswa angkatan 2015, tahun ini mengikuti kembali proses akademik dimaksud.
Wakil Rekotr III bidang kmahasiswaan dan kerjasama IAIN Palu H Muhtadin Dg Mustafa mengatakan, jumlah keseluruhan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tahunan di perguruan tinggi Islam itu mencapai kurang lebih 1.169 mahasiswa.
Dimana dari 1.169 peserta tercatat 30 mahasiswa angatan tahun 2015 yang mengikuti Opak kali ini bersama mahasiswa baru angkatan tahun 2016. 30 mahasiswa itu dinyatakan tidak sempat mengikuti kegiatan tersebut pada tahun sebelumnya.
"Iya, ada sekitar 30 mahasiswa angkatan 2015 yang tidak mengikuti opak bersama angkatanya, olehnya di tahun kita turutsertakan bersama mahasiswa baru," beber Muhtadin, Jum'at (2/9).
Dirinya menjelaskan, penyelenggaraan Opak sebagai proses akademik di lingkup IAIN Palu, merupakan syarat mutlak dan wajib diikuti setiap mahasiswa baru. Sebab, Opak merupakan salah satu persyaratan ketika mahasiswa bersangkutan berada di semester tertentu melakukan Praktek Penelitian Lapangan (PPL), maupun Kuliah Kerja Nyata (KKN), bahkan ini juga merupakan salah satu syarat untuk memenuhi ujian skripsi.
"Konsekwensinya jika mahasiswa tidak melewati proses ini, maka si pastikan mahasiswa bersangkutan tidak bisa turun PPL, KKN, hingga ujian skripsi," kata Muhtadin.
Menurutnya, orientasi akademik perlu diselenggarakan. Sebab, hal ini adalah proses awal atau pengenalan kepada mahasiswa baru tentang budaya akademik. Selain itu mahasiswa baru kata dia, masih dalam masa transisi dari remaja menuju proses pendewasaan diri yang berwawasan intelektual, sehingga penting adanya Opak diselenggarakan.
"Ini merupakan pengenalan kepada mahasiswa baru tentang bagaimana budaya akademik. Selain itu juga sebagi proses pembelajaran kepada yang bersangkutan selama ada di lingkup kampus. Kemudian bagaimana pembentukan wawasan dan karakter mereka agar menjadi seorang insan akademik yang religius, berbudaya serta memiliki kepekaan sosial," ujarnya.
Dirinya mengungkapkan, dalam pelaksanaan proses Opak nanti tidak ada gerakan tambahan atau sentuhan fisik kepada mahasiwa baru. Jika itu terjadi lanjut dia, dirinya tidak segan segan memberikan sanksi kepada senior ataupun panitia sebagai pelaksana kegiatan.
"Sejak dari tahun lalu kami sudah larang bahwa tidak ada lagi namanya sentuhan fisik. Bahkan saya menegaskan kepada panitia jika sanksi fisik itu di langgar oleh panitia, maka panitia yang akan saya hukum berdasarkan aturan," tegas Muhtadin.
Pelaksanaan Opak yang digelar kampus IAIN Palu dimulakan pada Senin 5 hingga 7 September, yang dibuka langsung Rektor IAIN Paku H Zainal Abidin. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama