Pilih Menu

Banner Kop

Banner Kop

Slider

KOTA

SULTENG

POLITIK

HUKUM

SENGGANG

SULAWESI

EDUKASI

» » » » » Pemkot Apresiasi Panen Padi Bersama TNI
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama

PALU - Pemerintah Kota (Pemkot) memberikan apresiasi kepada kelompok tani Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan yang merupakan binaan Dinas Pertanian Kehutanan dan Kelautan (Distanhutkel) Kota palu yang telah melaksanakan gerakan panen bersama TNI, dengan, luas areal panen kurang lebih satu hektar.

Kegiatan yang di nahkodai Distanhutkel Kota Palu itu, melibatkan langsung anggota TNI Kodim 1306 Donggala, Penyuluh UPSUS, Lurah dan Camat setempat serta kelompok tani penerima bantuan tahun anggaran 2016. Selain itu juga, Distanhukel menghadirkan langsung Kepala dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Tengah Tri Iriani Lamakampali melakukan gerakan panen bersama.

Wali Kota dalam sambutannya yang di wakili staf ahli bidang Hukum dan POlitik Setda Kota Palu ,Rosdiana Lalusu, Rabu (7/9) mengemukakan, gerakan panen bersama TNI merupakan  upaya khusus mendorong peningkatan produksi Padi Jagung dan Kedelai (PAJALA) di Kota Palu.

Di katakannya, komoditi tanaman pangan memiliki peranan pokok sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, paik pakan ternak maupun kebutuhan industri danam negeri. Seiring dengan meningkatnya jumlah pendusuk, telah memunculkan kerisauan akan terjadinya keadaan rawan pangan di masa akan datang.

Oleh sebab itu, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat terjadi pola peningkatan konsumsi per kapita untuk berbagai jenis pangan. Hal ini mengakibatkan ketersediaan pangan  guna menyeimbangi pertambahan jumlah penduduk. Sejalan dengan hal tersebut, maka Di tahun ini upaya peningkatan produksi padi di fokuskan pada kawasan tanaman pangan.

"Gerakan panen padi yang kita laksanakan merupakan sebuah momentum yang strategis dalam menjaga stabilitas pangan di Kota Palu," katanya.

Di sisi lain papar dia, tentunya lewat kegiatan gerakan panen Pemkot menaruh harapan besar terbentuknya kesamaan pandangan semua pihak, guna membangun komitmen dan semangat kebersamaan, dengan harapan agar terbentuk suatu kegiatan bersama yang dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan pertanian di Kota Palu.

Olehnya, dirinya berharap melalui kegiatan tersebut, kiranya benar benar dapat memberikan kontribusi yang kondusif, bagi upaya optimalisasi mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

Karena ketahanan pangan, merupakan isu penting bagi bangsa Indonesia dan menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional.

"Ini harus tetap mengacu pada perencanaan makro pertanian yang berlaku, sehingga dapat menghasilkan output strategis dan konkret dalam prospek pengembangan ketahanan pangan Kota palu kedepan," pungjasnya. WN

Tentang editor sultengaktual

Masukkan riwayat atau sejarah website atau media ini, atau keterangan media ini-----
«
Lanjut
Posting Lebih Baru
»
Sebelum
Posting Lama